Jembatani Lanjut Usia Mempercepat Peningkatan Kesejahteraan Sosial

45

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengukuhkan pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI), Provinsi Sumbar masa bhakti 2020-2025 di Aula Kantor Gubernur, Senin (24/5/2021).

Pengurus LLI Sumbar terdiri dari Ketua Ali Asmar Wakil Ketua Palagutan Nasution, Sekretaris Indarefis, Wakil Sekretaris Herizal dan Bendahara Nuraini dan ketua-ketua biro serta anggota lainnya.

LLI diperkuat Koordinator Organisasi dan Kerjasama Antar Lembaga  Gusnawati, anggotanya Edi Suardi dan HM Khudri, Koordinator Pemberdayaan Lanjut Usia Mery Yuliesday, anggota Syamsilaini dan M.Sampurno.  Koordinator Pelayanan Sosial Musliar Kasim dengan anggota Sentra Wiguna dan Ramawi. Kemudian, Koordinator Dana Rahmat Saleh, anggota Nurman Agus dan Nursalim. Organisasi ini  dilengkapi Embun Dini, Hendra Oktaviandi dan Zulfadli.

Pengukuhan tersebut dilakukan berdasarkan surat keputusan Ketua Umum Lembaga Lanjut Usia Indonesia Nomor : 20/LLI/PST/II/2021 tentang Susunan Pengurus LLI Provinsi Sumbar 2020-2025.

Mahyeldi mengatakan pengukuhan ini upaya penguatan peran masyarakat dalam pembinaan dan koordinasi terhadap organisasi atau lembaga-lembaga yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial lanjut usia. Sesuai Perpres Nomor: 112 Tahun 2020 tentang Pembubaran 10 Lembaga Nonstruktural termasuk Komisi Nasional Lanjut Usia.

Pengukuhan bukanlah awal dari keberhasilan, tapi tonggak awal dan tantangan dalam menggerakkan roda organisasi yang telah diamanahkan para anggota dan masyarakat.

“Untuk itu, pengurus dituntut lebih mampu meningkatkan kinerja organisasi selama lima tahun ke depan. Dalam upaya membantu pemerintah, khususnya Pemprov Sumbar mengkoordinasikan dan menjembatani berbagai permasalahan lanjut usia dalam mempercepat peningkatan kesejahteraan sosial,” terang Mahyeldi.

Menurutnya, Indonesia salah satu negara berkembang yang mengalami peningkatan populasi lanjut usia yang sangat cepat.

Tren ini telah membawa Indonesia memasuki era penduduk berstruktur tua (aging population), di mana pada 2020 proporsi penduduk lanjut usianya telah berada pada level 10 persen dari jumlah penduduk, dan tahun 2045 diperkirakan akan mencapai 57 juta jiwa atau 17,9 persen.

Baca Juga:  Kunjungi Dirut Semen Padang, PLN Inisiasi Kolaborasi Bidang Kelistrikan

Sementara itu katanya, menurut data BPS pada tahun 2019, jumlah penduduk lanjut usia di Sumbar sebanyak 533.528 orang atau 9,8% dari jumlah penduduk, yang terdiri dari laki-laki 244.890 orang dan perempuan 288.638 orang.

Mencermati hal tersebut, dia meminta kepada pemerintah kabupaten/kota serta dinas teknis dan badan perangkat daerah Provinsi Sumbar agar senantiasa tanggap dan cepat menyikapi lpermasalahan yang harus diantisipasi, seperti meningkatnya penduduk berstruktur tua yang sangat signifikan. Sebagai konsekuensi dari meningkatnya usia harapan hidup, dan turunnya angka kelahiran.

Mengantisipasi laju perkembangan penduduk berstruktur tua dimaksud, maka dalam upaya membantu pemerintah mengkoordinasikan, memberikan saran dan pendapat diperlukan Lembaga LLI di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, bahkan sampai ke tingkat kecamatan.

“Oleh karena itu, saya minta kepada para bupati/ wali kota agar segera memfasilitasi pembentukan kepengurusan LLI kabupaten/ kota masing-masing,” pintanya.

Sementara itu Ketua LLI Sumbar Ali Asmar berharap dengan telah dikukuhkannya Pengurus LLI Sumbar terima kasih kepada gubernur dan jajaran, serta semua pihak yang telah memberikan perhatian dan dukungan terhadap LLI.

“Demikian juga kita ucapkan terima kasih kepada Bapak Ketua IDI Wilayah Sumatera Barat yang telah berkenan berkontribusi memberikan penyuluhan tentang kesehatan lanjut usia,” ucapnya.

Selanjutnya dalam mengemban tugas-tugas, mantan Sekprov Sumbar itu juga sangat mengharapkan dukungan gubernur beserta jajaran terkait tugas dan upaya pembangunan kesejahteraan sosial lanjut usia di Provinsi Sumbar, Ketua DPRD dan Pemkab/ Pemko.

“Semoga dengan keberadaan Organisasi LLI provinsi, kabupaten dan kota nanti dapat lebih meningkatkan upaya pembangunan kesejahteraan sosial lanjut usia di Sumbar pada masa akan datang,” harap Ali Asmar.(rel)