Kejati Sumbar Luncurkan 4 Program Unggulan Pelayanan

8
Kajati Sumbar Amran me-launching empat program unggulan untuk meraih predikat zona integritas WBBM, Rabu (24/6/2020).

Kejaksaan Tinggi Sumbar meluncurkan 4 program unggulan untuk meningkatkan pelayanan. Ini bagian dari pencanangan meraih predikat zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Empat program yang terintegrasi ke dalam satu sistem informasi layanan tersebut, yakni Silabina Next G, E-Datun, E-Santiang (Sistem Antisipasi Intelijen Tanggap), dan Drive Thru PTSP.

“Meski pandemi Covid-19 mewabah, namun inovasi dan pelayanan kepada masyarakat harus terus dilakukan. Untuk itu, kami launching empat program unggulan,” ungkap Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Amran, Rabu (24/6/2020).

Amran menjelaskan, program Drive Thru PTSP merupakan percepatan waktu pelayanan kepada pihak eksternal atau masyarakat yang hanya akan mengantar surat, sehingga taqline 30 detik siap, bisa terwujud.

“Sementara E-Datun merupakan program yang dibuat bidang Datun untuk memberikan pelayanan hukum gratis kepada masyarakat, khususnya bidang Keperdataan dan Tata Usaha Negara. Program ini dapat diakses secara online,” imbuh Amran.

Selanjutnya, program E-Santiang sebagai program bidang intelijen yang bertujuan merespons laporan pengaduan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dari masyarakat.

“Terakhir adalah program Silabina Next G. Layanan yang dikembangkan dari Silabina ini lebih ke internal. Salah satunya memberikan kemudahan pelayanan untuk pegawai dalam urusan gaji atau kepegawaian,” terang Amran.

Peluncuran empat program ini dilaksanakan di Kantor Kejati Sumbar. Tampak hadir Wakajati Sumbar, Asisten Pidana Khusus M Fatria, Asisten Intelijen Teguh Wibowo, dan jajaran lainnya.

Sebelumnya Kejaksaan Tinggi Sumbar telah meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada 10 Desember 2019 lalu, dan telah dilanjutkan dengan pencanangan bersama menuju zona WBBM pada 3 Februari 2020. (idr)