Kondisi Malam Ini di Nagari Malampah Pasaman, Masyarakat Kekurangan Tenda

132
Warga Nagari Malampah Kabupaten Pasaman terlihat mengungsi di tenda terpal.

Guncangan gempa pagi tadi di Kabupaten Pasbar juga menyebabkan longsor di Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari di Kabupaten Pasaman. Akibatnya, banyak rumah warga tertimbun longsor dan mengalami rusak berat.

“Masyarakat terpaksa harus mengungsi. Mereka ada juga yang memilih mengungsi ke rumah sanak saudaranya di Kabupaten Agam. Meskipun ada yang rumahnya tidak rusak, malam ini masyarakat tidak berani tidur di rumah. Masyarakat di daerah ini takut terjadi longsor susulan,” ungkap Muslim, warga Malampah, Jumat malam.

Kalaksa BPBD Kabupaten Pasaman, Alim Bazar, membenarkan apa yang disampaikan warga bahwa, kondisi masyarakat yang mengungsi malam ini masih banyak kekurangan tenda. “Masyarakat kita yang mengungsi hingga malam ini masih banyak yang menggunakan terpal, karena belum mendapatkan bantuan tenda. Sementara tenda yang kita dirikan belum mencukupi untuk menampung warga yang mengungsi,” ujar Alim Bazar.

Saat ini, katanya, kekurangan tenda tersebut masih menunggu bantuan dari pihak lain. ‘’Kita sangat berharap malam ini semua masyarakat yang mengungsi di puluhan titik pengungsian itu, mendapatkan tenda,’’ ungkapnya sembari menambahkan bahwa untuk posko bencana sudah  dirikan di Kantor Wali Nagari. (*)