Tim SAR Siapkan Pencarian Kapal Hilang Kontak di Selat Bunga Laut Mentawai

138
Kepala Kantor SAR Mentawai Akmal.

Ketika melakukan operasi penyelamatan penumpang boat yang terombang-ambing dan kapal karam di Perairan Mentawai, Jumat (24/3/2023) malam Tim SAR Gabungan juga menerima laporan kapal hilang kontak.

Kepala Kantor SAR Mentawai Akmal menyebutkan, informasi kapal hilang kontak itu diterima pihaknya dari masyarakat bernama Raju pada pukul 20.35 WIB.

“Kapal hilang kontak berada di perairan antara Pulau Sipora dan¬† Pulau Siberut atau Selat Bunga Laut, Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Berdasarkan laporan, hilang kontaknya sekitar pukul 19.15 WIB,” ungkap Akmal.

Merespons laporan itu, Tim SAR Gabungan melakukan persiapan ke Dermaga Tuapejat. Tim SAR berangkat ke lokasi yang diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Dermaga Tuapejat itu, Sabtu (25/3/2023).

Kronologinya, menurut Akmal, kapal yang dilaporkan hilang kontak tersebut berangkat dari Tuapejat menuju Malilimok Pulau Shadow dengan penumpang lima orang. Namun sampai pukul 19.00 WIB belum juga sampai di tujuan dan kapal dihubungi tidak tersambung lagi.

Lima penumpang kapal jenis Longboat “Shadow Mentawai” dengan panjang 10 meter itu, adalah, Rahmat, 36, Ade, 32, Ario, 21, Aria 21 dan Laura 32.

Baca Juga:  Dikucuri Rp103 M, Andre Rosiade: Pembangunan Fase 7 Bukti Kerja Kader Gerindra

“Tim Rescue SAR Mentawai¬† menuju dermaga Tuapejat untuk persiapan pencarian esok subuh pukul 05.00 WIB,” katanya.

Selain pencarian kapal tersebut, Tim SAR Gabungan juga akan melakukan pencairan empat orang penumpang boat yang terombang-ambing di Perairan Laut antara Sipora dan Siberut. Jumat (23/3/2023) sudah berhasil dievakuasi sebanyak tiga orang dalam kondisi selamat. “Kita lanjutkan pencarian pukul 05.00 WIB, Sabtu 25 Maret 2023,” katanya.(esg/arf)