Tujuh Kabupaten dan Kota di Sumbar Belum Ada Pasien Positif Korona

Media juga berperan bersama pemerintah dan masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19.

Kasus pasien positif terpapar Covid-19 di Sumbar berjumlah 97 orang hingga Sabtu (25/4/2020). Pasien itu tersebar di 12 kabupaten dan kota dari 19 kabupaten dan kota di Provinsi Sumbar.

“Ya, dari 19 kabupaten dan kota, terdapat 12 kabupaten dan kota yang telah mengkonfirmasi adanya pasien positif Covid-19 di daerah mereka masing-masing,” jelas Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal.

Jasman merinci 12 kabupaten dan kota tersebut adalah, Kota Padang, Bukittinggi, Pariaman, Payakumbuh, Kabupaten Pesisir Selatan, Dharmasraya, Solok, Pasaman, Pasaman Barat, Mentawai, Padangpariaman dan Tanahdatar.

“Sementara tujuh kabupaten dan kota yang belum ditemukan kasus positif Covid-19, yaitu Kabupaten Agam, Sijunjung, Limapuluh Kota, Solok Selatan, Kota Padangpanjang, Solok dan Sawahlunto,” ungkapnya.

Pasien-pasien positif Covid-19 tersebut ada yang dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19, isolasi di lokasi khusus isolasi, dan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan petugas kesehatan setempat.

Kemudian, pasien positif Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah yang bukan pasien dari salah satu rumah sakit rujukan totalnya 20 orang, isolasi mandiri di rumah 12 orang, di Bapelkes 5 orang dan telah dinyatakan sembuh 3 orang.(esg)