PLN Sumbar Raih Penghargaan Zero Accident dan Penanggulangan Covid-19

74

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar raih penghargaan K3 Tahun 2022 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. Penghargaan diberikan atas komitmen PLN UIW Sumbar untuk mengawal keselamatan kerja di wilayah kerjanya serta melaksanakan program pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Atas komitmen tersebut, PLN raih Penghargaan Kecelakaan Nihil Tahun 2022 dan Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Kerja Tahun 2022.

Selain PLN UIW Sumbar, beberapa  unit kerja di bawah koordinasi PLN UIW Sumbar pun raih Penghargaan Kecelakaan Nihil Tahun 2022, yaitu; PLN UP3 Padang, PLN UP3 Bukittinggi, PLN UP3 Solok, PLN UP3 Payakumbuh, dan PLN UP2D Sumbar. Penghargaan ini diberikan atas prestasi zero accident selama periode 1 Januari 2019 sampai dengan 31 Desember 2021.

Penyerahan Penghargaan K3 Tahun 2022 ini dilakukan secara hybrid, Selasa (24/5). Kementerian Ketenagakerjaan mengundang beberapa perwakilan Perusahaan, Perseroan, dan BUMN untuk hadir pada Penganugrahan Penghargaan K3 2022 di Ruang Birawa Hotel Bidakara, Tebet Jakarta Selatan. Kemudian peserta lainnya bergabung melalui virtual zoom meeting. Ribuan perusahaan swasta dan negeri dari seluruh Indonesia bergabung sebagai peserta pada acara penganugrahan ini.

Disampaikan Misra Hasra, Pejabat Pengendali K3 PLN UIW Sumbar, untuk mendapatkan Penghargaan Kecelakaan Nihil dan Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Kerja, PLN telah lolos pada beberapa tahap verifikasi.

‘’Sebelum meraih penghargaan ini, perusahaan harus mendaftarkan unitnya ke Disnaker Provinsi untuk mengikuti beberapa kriteria penghargaan. Kemudian mengumpulkan materi atau syarat-syarat indikator yang ditetapkan. Jika lolos verifikasi dari Disnaker Provinsi, barulah direkomendasikan ke Kementerian Ketenagakerjaan,’’ jelasnya.

Baca Juga:  Peringati Hari Donor Darah Sedunia, PLN UIW Sumbar Gelar Donor Darah

Misran menyebutkan, Penghargaan K3 dari Kementerian Ketenagakerjaan merupakan penghargaan bergengsi bagi perusahaan-perusahaan dalam negeri. ‘’Menjadi suatu kehormatan bagi PLN dapat meraihnya.’’

Misran lantas menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai dan Tenaga Ahli Daya yang berkontribusi atas pencapaian ini. ‘’Terima kasih untuk seluruh pegawai yang konsisten bekerja dengan pedoman keselamatan untuk mencegah kecelakaan kerja, sehingga PLN UIW Sumbar, 4 UP3 di Sumbar, dan UP2D berhasil meraih penghargaan Kecelakaan Nihil,’’ lanjutnya.

Terkait Penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Kerja Tahun 2022, Misran menyampaikan, PLN UIW Sumbar berkomitmen menjalankan Protokol Kesehatan Covid-19 di wilayah kerjanya sejak awal gelombang Covid-19 berlangsung.

‘’Kita membentuk tim Satgas khusus, juga ada SOP khusus turunan dari PLN Pusat. Total 90% pegawai kita pun telah mendapatkan vaksinasi Covid-19, presentasi ini diupayakan terus bertambah demi memastikan pekerja kita aman dan meminimalisir penularan virus Covid-19,’’ ungkap Misran.

General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo menyambut baik penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan ini. ‘’Selamat untuk Kantor Induk dan seluruh UP3 yang mendapatkan penghargaan Zero Accident. Pertahankan penghargaan ini dengan tetap konsisten pada pola-pola positif,’’ sebutnya.

Toni menyampaikan, mempertahankan prestasi ini adalah tantangan yang lebih sulit dari mendapatkannya. ‘’Maka mari jadikan penghargaan ini motivasi dan komitmen bersama untuk memperkuat pelaksanaan dan disiplin eksekusi K3 di lingkungan kerja, sehingga bekerja selamat, bekerja dalam keadaan aman, dapat menjadi budaya kerja PLN UIW Sumbar,’’ ungkapnya.(*)