Wagub Sumbar: Gerakan Pramuka Mampu Tumbuhkan Raso jo Pareso

Gerakan kepramukaan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kedisiplinan generasi muda, khususnya dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan.

Hal ini dikemukakan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dalam arahannya pada kegiatan Orientasi Kepramukaan bagi Kepala SMA/ SMK/SLB selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) se-Sumatera Barat Tahun 2020 di Gedung Pramuka Padang, Selasa (25/08/2020).

Menurutnya, keterbatasan pada pendidikan formal menjadikan gerakan pramuka menjadi wadah pendidikan karakter yang kuat dan mengembangkan potensi diri generasi muda.  “Banyak hal yang bisa diperoleh dari gerakan pramuka. Bagaimana berkomunikasi, membaur dengan masyarakat, bagaimana hidup di desa-desa, menghormati kawan, raso pareso, semua ada di pramuka,” ujar Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumbar ini.

Disamping itu kata Wagub, rasa persaudaraan yang tinggi juga merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki gerakan pramuka.  Wagub mengajak untuk mengoptimalkan fungsi masing-masing Kamabigus di masing-masing sekolah. Diharapkan seluruh peserta orientasi, agar terus berupaya untuk menjadikan generasi muda Sumbar yang berkualitas, beriman, bertakwa.

Baca Juga:  Dukung NA-IC, Andre Rosiade Keliling Sumbar 10 Hari Selama Oktober

“Tantangan kita semua untuk mencetak siswa yang siap bersaing di dunia kerja ataupun menuju perguruan tinggi favorit,” ungkapnya.  Terkait pandemi Covid-19 yang masih menjangkiti Sumbar, Wagub kembali menegaskan pentingnya kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Mohon tumbuhkan kesadaran kepada orang tua murid, kepada siswa, Covid-19 itu bukan aib. Mudah-mudahan Covid-19 tidak akan mengurangi kualitas pendidikan di Sumbar,” harap. (rel)