PT Jamkrindo Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Sumbar

43

Wujud kepedulian kepada korban terdampak bencana gempa bumi, PT Jamkrindo berkolaborasi dengan BUMN lain menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana gempa bumi di Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (26/2/2022).

Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan menyampaikan bahwa bantuan tersebut sebagai wujud kepedulian dan kontribusi perusahaan kepada korban terdampak bencana, sejalan dengan program kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

“PT Jamkrindo hadir untuk meringankan beban para korban yang terkena musibah,” ujar Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama W Setyawan, Sabtu (26/2).

Bantuan diserahkan kepada Koordinator Satgas Bencana BUMN Sumatera Barat di bawah koordinasi oleh PT KAI selaku PIC satgas BUMN Sumbar. Bantuan itu akan didistribusikan kepada korban bencana alam di Pasaman Barat menggunakan moda transportasi kereta api.

Adapun jenis bantuan tahap pertama yang diberikan adalah berupa barang kebutuhan sehari-hari dan perlengkapan. Di antaranya yakni terpal ukuran 8×12 , tikar besar, tikar busa, beras, air mineral galon, air mineral 600 ml, pop mie, mie instan, susu UHT, diapers, tisu basah, pembalut wanita, bubur bayi dan selimut.

Menurut Putrama, sebagai perusahaan penjaminan kredit, PT Jamkrindo tidak hanya fokus pada bisnis inti, tetapi juga berelasi dengan masyarakat salah satunya adalah memberikan bantuan diserahkan sebagai empati dan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat yang terkena dampak
bencana alam.

”Kami adalah bagian dari masyarakat dan saat ini ingin bersama dan berada di tengah-tengah masyarakat yang terkena dampak bencana. Semoga bantuan ini bisa dirasakan manfaatnya,” ujar Putrama.

Baca Juga:  Sekolah Terapkan Prokes Ketat, Antisipasi Hepatitis Misterius

Gempa mengguncang wilayah Sumatera Barat dengan kekuatan magnitudo 6,2 pada Jumat (25/2), pukul 08.39 WIB. BMKG mencatat, sumber gempa berlokasi di 17 km timur laut Pasaman Barat dengan kedalaman 10 km. Gempa itu memaksa warga harus mengungsi. Ada 5.000-an warga mengungsi di 35 titik. Sebaran titik pengungsian berada di Kecamatan Talamau, Kecamatan Pasaman dan Kinali. Pendataan warga yang mengungsi masih dilakukan.

PT Jamkrindo sebagai perusahaan penjamin terbesar di seluruh Indonesia memiliki berbagai produk, baik produk penjaminan program maupun penjaminan nonprogram. Pada penjaminan program, PT Jamkrindo memiliki produk penjaminan kredit usaha rakyat (KUR) dan penjaminan kredit modal kerja (KMK) dalam rangka program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Adapun, untuk penjaminan non-program, produk penjaminannya adalah penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan distribusi barang. Kemudian surety bond, customs bond, penjaminan keagenan kargo, penjaminan supply chain financing (invoice financing), dan penjaminan bagi lembaga fintech.

Sebagai bagian dari holding Indonesia Financial Group (IFG) Jamkrindo berkomitmen untuk menghadirkan perubahan di bidang keuangan khususnya penjaminan yang akuntabel, prudent, dan transparan dengan tata kelola perusahaan yang baik dan penuh integritas.(*)