Ajak Anak Yatim Belanja Lebaran

6
BAHAGIA: Anak yatim didampingi orangtuanya memilih baju di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Padang, Senin (25/4). Ini adalah program Sedekah Belanja Yatim BSI bekerjasama dengan Laznas BSMU URO 2 Palembang.(IST)

Dalam rangka berbagi kebahagiaan untuk menyambut Hari Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Area Padang melaksanakan kegiatan Sedekah Belanja Yatim.

Melalui kegiatan ini, BSI Area Padang mengajak puluhan anak yatim membelanjakan uang masing-masing senilai Rp 1 juta untuk kebutuhan Lebaran di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Padang, Senin (25/4).

Area Manager BSI Area Padang Budi Abdiriva menjelaskan, Sedekah Belanja Yatim merupakan kegiatan rutin tahunan BSI kolaborasi dengan Laznas BSMU Unit Representatif Office (URO) 2 Palembang.

“Jadi seluruh pegawai kita yang punya niat untuk zakat, infak, atau sedekah itu kita kumpulkan. Setelah terkumpul uangnya, langsung kita salurkan untuk para anak yatim,” ungkap Budi.

Berbeda dari yang lain, penyaluran dilakukan dengan mengajak para anak yatim belanja ke pusat perbelanjaan. “Kita kasih masing-masing satu orang Rp 1 juta. Mereka bisa gunakan untuk beli baju, makanan atau kue lebaran. Itu mereka pilih sendiri jadi benar-benar dirasakan langsung,” tutur Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan, anak yatim yang menerima santunan melalui kegiatan Sedekah Belanja Yatim ini bukan berasal dari panti asuhan. Namun anak yatim rekomendasi dari para pegawai BSI.

“Dari rekomendasi pegawai kita seperti tetangga mereka, itu jelas dan anak yatim yang direkomendasikan itu benar-benar butuh. Khusus di Padang aja, sekitar 30 orang anak yatim, belum lagi yang cabang di Bukittinggi dan daerah lain,” ucap Budi.

Baca Juga:  Dinkes Tunggu Hasil Labor Pusat

Total nilai uang yang dialokasikan dalam kegiatan Sedekah Belanja Yatim khusus di wilayah Sumbar sekitar Rp 145 juta. Sementara se-Regional Office 3 Palembang nilainya Rp 385 juta dengan total anak yatim yang menerima santunan 385 orang.

Menurut Budi, kegiatan Sedekah Belanja Yatim ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Hal ini dilakukan agar para pegawai senantiasa berbagi karena hidup tidak untuk diri sendiri, namun juga harus memberi manfaat untuk orang lain.

“Di sisi lain untuk membahagiakan para anak yatim dalam menyambut lebaran. Agar mereka bisa juga ikut merasakan kebahagian dalam menyambut Hari Kemenangan seperti anak-anak yang lain,” kata Budi.

Manager Laznas BSMU URO2 Palembang Anang Suroso menambahkan, kegiatan ini akan menjadi ciri khas Regional Office 3 Palembang yang merupakan puncak kegiatan syariah culture yang menjadi budaya pegawai BSI Regional Office 3 Palembang.

Salah seorang orangtua anak yatim yang menerima santuan, Novi, 35, mengaku senang dan berterima kasih atas santunan yang diberikan BSI Area Padang.

“Senang sekali. Sangat terbantu untuk anak kita. Alhamdulillah udah bisa beli baju, sepatu, dan makanan. Terima kasih banyak buat BSI udah membantu kami. Semoga BSI diberi keberkahan,” tutur Novi. (idr)