Solok Sarankan New Normal di Tiap  Nagari, Gusmal: Perbanyak Edukasi

23

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menghimpun masukan dari para bupati dan wali kota, Selasa (26/5/2020), terkait kebijakan setelah berakhirnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada 29 Mei 2020.

Setelah menghimpun masukan, maka gubernur akan mengambil keputusan apakah PSBB dilanjutkan atau tidak,  pada Rabu (28/5/2020).

Gubernur memaparkan bahwa kasus warga Sumbar positif Covid-19 berjumlah 510 orang dan paling banyak  di Kota Padang.

Namun, katanya hampir semua kabupaten dan kota cenderung ada penurunan kasus positif.

Diperpanjang atau tidak diserahkan kembali kabupaten dan kota. Bila memang diperpanjang, maka harus ada payung hukumnya.

“Siapkan satu kata kesepakatan menjelang berakhirnya PSBB Sumbar pada 29 Mei,” kata Irwan.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Solok akan mendukung keputusan gubernur, apakah akan memperpanjang PSBB atau tidak pada rapat lanjutan 28 Mei 2020.

“Kabupaten Solok menyarankan untuk penerapan new normal di setiap nagari dan jorong serta memperbanyak edukasi kepada masyarakat (terkait new normal, red),” ungkap Bupati Solok Gusmal dalam rapat secara virtual dengan gubernur, Selasa (25/5/2020).

Menurutnya, di Kabupataen Solok kasus pasien positif Covid-19 sebanyak 8 orang, sudah sembuh 4 orang, dirawat 2 orang dan meninggal 2 orang.

Saat ini, Indonesia akan menghadapi era new normal, yakni hidup di tengah pandemi Covid-19 dengan mengedepankan upaya pencegahan dan tetap produktif. (esg)