Munas Gebu Minang Dibuka, Fadly: Momentum Perkuat Sinergi Ranah Rantau

85

Musyawarah Nasional ke-VII Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Munas VII Gebu Minang) dengan tema “Ranah Rantau Basinergi” resmi dibuka Ketua Umum Oesman Sapta Odang (OSO), Rabu (25/5) malam di Hotel Truntum Padang. OSO hadir secara virtual.

Munas yang berlangsung pada 25-27 Mei 2022 ini, dihadiri oleh 300 peserta dan 200 peninjau dari seluruh Indonesia. Pembukaan dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa, para bupati dan wali kota, anggota, DPRD, DPR dan DPD serta forkopimda.

Ketua DPW Gebu Minang Sumbar Fadly Amran mengapresiasi peserta dan peninjau serta tokoh masyarakat di ranah dan rantau yang antusias hadir pada Munas VII Gebu Minang ini. Begitu juga pelaku UMKM yang berpartisipasi mendirikan gerai untuk memasarkan produknya di arena munas.

“Ini momentum ranah dan rantau memperkuat sinergi. Kehadiran peserta Munas mencapai 80 persen. Rapat pleno penentuan Ketua Umum Gebu Minang akan berlangsung pada tanggal 26 Mei dan 27 Mei,” ujar Fadly yang juga Wali Kota Padangpanjang.

Baca Juga:  Biografi Brian Putra Bastara Ketua Umum BPD HIPMI Sumatera Barat

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DP Gebu Minang Irjen Pol (Purn) Marwan Paris menyampaikan pada munas ini juga dibahas implementasi penegakan hukum dengan prinsip keadilan restoratif (restorative justice) di Sumbar. Sebagai langkah konkret, dilakukan penandatanganan MoU antara Gebu Minang dengan Kapolda Sumbar.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi dan berterima kasih atas diselenggarakannya Munas VII Gebu Minang di Sumbar. “Ini mencerminkan semangat bersinergi, bekerja sama dan berkolaborasi membangun perekonomian ranah Minang dalam suasana yang luar biasa, terutama dalam menggerakkan sektor pariwisata,” ungkapnya.(cr5)