Masyarakat Harapkan Jalan, Mualim Jawab dengan Program Sumbar Akses 

61

Calon Wakil Gubernur Sumbar Ali Mukhni menghadiri kegiatan silaturahmi dengan sejumlah masyarakat Kabupeten Solok, persisnya di Jalan Tampunik, Selayo, Kecamatan Kubung, Kamis (22/10/2020).

Dalam silaturahmi itu, Ali Mukhni menerima aspirasi dari masyarakat setempat tentang persoalan akses jalan yang terbatas, sehingga berdampak pada mobilitas masyarakat Solok.

Salah seorang tokoh masyarakat Kubung, Wandi, 43, menuturkan jarak tempuh yang pendek sekitar 40 kilometer mesti ditempuh dalam waktu yang panjang sebab jalanan yang berkelok dan curam.

Untuk itu, Wandi berharap, pemerintah perlu membuat jalur alternatif selain jalur Sitinjau Lauik, agar memudahkan perjalanan dari dan menuju Kota Padang.

“Kami berharap ada jalur alternatif agar dapat memudahkan perjalanan kami dari dan menuju Kota Padang. Melalui Sumbar Akses yang dicanangkan oleh Pak Mul dan Pak Ali, hal itu bisa terwujud dan bisa berdampak positif pada kami,” ujar Wandi.

Ali Mukhni, yang hadir saat itu menjawab dengan program Sumbar Akses. Dia menjelaskan, Sumbar Akses merupakan program yang bertujuan untuk menyediakan sarana dan prasana yang dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga:  Dituding Mengganggu OPD, Anggota TPSM Meradang

Ali menyatakan, Sumbar Akses merupakan tawaran solusi yang telah dirancang secara matang oleh Mulyadi bersama dirinya, dimana pembangunan jalan pun juga akan menjadi prioritas.

Menurut Ali, perbaikan jalan merupakan langkah awal untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di Sumbar. Sehingga tanpa langkah itu, pembangunan infrastruktur lainnya tidak akan berjalan secara optimal.

“Kasus belakangan di Jorong Taluek Anjalai, Solok Selatan merupakan pelajaran untuk pemerintah ke depannya, dimana fasilitas kesehatan di salah satu jorong tak dapat diakses sebab jauh dari jalan,” ujar bupati Padangpriaman yang tengah cuti ini.

Ali mengatakan, dia bersama Mulyadi telah berkomitmen untuk mengkoneksikan Sumbar dengan provinsi lain melalui pembangunan jalan yang lebih baik.

“Sudah saatnya masyarakat Sumbar menikmati jalan raya yang terkoneksi sehingga perputaran ekonomi dapat berjalan dengan baik,” pungkas Ali. (idr)