Sumbar Masuk Enam Besar IGA 2021

57

Sumbar lolos ke posisi enam besar peringkat nasional pada pengukuran dan penilaian indeks inovasi daerah untuk mendapatkan Innovative Government Awards (IGA) 2021. Kini, Sumbar bersaing dengan Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jambi.

Tahapan akhir penilaian yakni presentasi kepala daerah telah dilakukan di hadapan tim penilai yang terdiri atas unsur kementerian/lembaga terkait, lembaga think tank, akademisi, praktisi, media dan unsur profesional lainnya. Presentasi dilakukan secara luring dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Gubernur Sumbar Mahyeldi didampingi Kepala Balitbang Reti Wafda, Sekretaris Balitbang Sunyati, Kasubid Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan Balitbang Fandy Triawan, serta Kasubid Kependudukan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Balitbang Edwin M Tampubolon dan dua orang fungsional Balitbang Yuliartati dan Rahmat Ramadhanto, presentasi di Command Center Pemerintah Bukittinggi.

Turut hadir mendampingi gubernur, sekko Bukittinggi dan beberapa kepala dinas dari Pemprov Sumbar: Dinas Pangan, Dinas Kominfo dan Statistik, RSUD M Natsir, Dinas Kelautan Perikanan, DPMPTSP dan Dinas Koperasi dan UKM.

Baca Juga:  Yuliandre Darwis: Banyak Literasi di Padang Bisa Jadi Bahan Konten Kreatif

Presentasi gubernur dilaksanakan selama 15 menit dengan struktur paparan meliputi gambaran umum daerah, gambaran umum inovasi daerah, penjelasan inovasi daerah dengan indikator kebaharuan, kemanfaatan, kewenangan, replikasi dan aplikatif dan pelayanan publik.

Adapun inovasi unggulan yang dipaparkan oleh gubernur adalah: Pertama, TTIC dan Gelar Pangan Murah menghadapi pandemi dari Dinas Pangan; Kedua, SIPPASTI 19 (Sistem Informasi Perizinan Produktif dan Aman Covid-19) dari Dinas DPM PTSP; Ketiga, MICELAMAS (Mitigasi dengan Cemara Laut Berbasis Masyarakat) dari Dinas Kelautan Perikanan. Keempat, pelayanan Smart PPD dan Absensi Online dari Dinas Kominfo dan Statistik; Kelima, BAHAGIA dan LASA dari RSUD M Natsir.

Tahun ini Pemprov Sumbar mengirimkan sebanyak 147 inovasi daerah ke Kemendagri dengan rincian: Pertama, inovasi pelayanan publik sebanyak 84 inovasi; Kedua, inovasi tata kelola pemerintahan sebanyak 35 inovasi; Ketiga, inovasi daerah lainnya yang sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah sebanyak 28 inovasi. (*)