Meriahkan HUT Bhayangkara, Wagub dan Kapolda Sumbar Ikuti Bakti Sosial

17
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyalami salah seorang warga yang menerima paket sembako saat bakti sosial di Mapolda Sumbar. (IST)

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Bhayangkara, Polda Sumbar membagikan 11.017 paket sembako yang langsung diantara ke rumah-rumah warga yang membutuhkan.

“Bakti sosial pembagian sembako ini serentak dilaksanakan di seluruh jajaran Polri di Indonesia, ini sesuatu yang patut kita apresiasi,” ungkap Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit saat menghadiri acara bakti sosial itu, di Mapolda Sumbar, Jumat (26/6/2020).

Wagub mengucapkan selamat HUT ke-74 Bhayangkara dan berharap agar Kapolda Sumbar beserta jajarannya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan kamtibmas di Sumatera barat dapat terjaga dengan baik.

“Tentu kita dan masyarakat Sumbar ikut serta mendukung dan membantu Polri dalam melaksanakan tugasnya. Dan dalam masa pandemi Covid-19 diharapkan setiap lapisan masyarakat mematuhi protokol kesehatan; mencuci tangan, jaga jarak, dan selalu pakai masker,” papar Nasrul Abit.

Bakti sosial ini katanya, dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia. “Untuk itu kami atas nama pemerintah dan masyarakat Sumatera Barat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kapolda Sumbar beserta jajarannya. Dimana pada hari ini masyarakat kami mendapat bantuan dari Polri,” jelasnya.

Sementara, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto menjelaskan, bakti sosial ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia dalam rangka hari Bhayangkara yang ke-74 tahun 2020, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Terima kasih dan penghargaan kepada seluruh panitia yang terlibat dalam acara bakti sosial serentak ini. Semoga niat baik ini bermanfaat bagi masyarakat dalam masa pandemi Covid-19, serta menjadi amal ibadah bagi kita sekalian,” ungkap Irjen Pol Toni Harmanto.

Menurut Kapolda, momentum peringatan HUT Bhayangkara tahun ini sungguh berbeda dengan dengan tahun sebelumnya. “Kita semua penuh dengan keprihatinan karena pandemi Covid-19 yang masih melanda hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia,” sebut Kapolda

Irjen Pol Toni Harmanto juga mengatakan, tema peringatan HUT Bhayangkara tahun ini sangat tepat dimaknai, bahwa TNI dan Polri yang bertugas sebagai alat negara memelihara kamtibmas harus senantiasa hadir untuk masyarakat terlebih dalam masa sekarang ini.

“Dan pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap sosial, ekonomi maupun keamanan, tentunya perlu diantisipasi dengan baik,” tutur Kapolda.

Kegiatan Sosial
Irjen Pol Toni Harmanto mengungkapkan, rangkaian kegiatan lainnya yang sudah dilaksanakan seperti layanan donor darah, rapid test, khitanan massal, anjangsana ke panti asuhan, panti jompo, serta beberapa kegiatan simpatik lainnya berupa pembagian hand sanitizer, pembagian masker dan APD.

Irjen Pol Toni berharap, dengan kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 maupun masyarakat yang tidak mampu.

“Bakti sosial serentak yang kita laksanakan ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian Polri terhadap masyarakat yang terdampak dari penanganan pandemi Covid-19 ini,” pungkas Kapolda. (rel)