PD PIRA Sumbar Berpartisipasi Bantu Korban Gempa Pasbar dan Pasaman

13

PD Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Sumbar turut berpartisipasi dalam membantu korban bencana gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan Pasaman. Satu tim PIRA bergabung dengan DPD Partai Gerindra Sumbar menyalurkan bantuan untuk dua daerah terdampak itu. Mereka turun mengusung tema PIRA Sumbar Peduli, hilangkan duka berbagi bahagia.

Bahkan, kader dari organisasi sayap perempuan Partai Gerindra yang lahir 9 Oktober 2008 itu tak canggung untuk membawa bantuan berupa beras, sarden, air mineral, mie instan langsung ke warga-warga yang tinggal di tenda pengungsian. Seperti yang terlihat saat Gerindra menyalurkan bantuan di Jorong Pinagar, Nagari Aur Kuning, Kecamatan Pasaman, Pasbar. Ibu-ibu berseragam putih-krem ini begitu cekatan dalam menyalurkan bantuan.

Ketua PD PIRA Sumbar Nurul Anastasia mengatakan, PIRA akan selalu mendukung program-program kemanusiaan yang digelar oleh Gerindra. Meski beranggotakan perempuan, mereka siap menembus titik-titik dimana korban bencana mengungsi dan membutuhkan bantuan.

“Alhamdulillah, Sabtu (26/5), sehari setelah gempa Pasbar-Pasaman tim PIRA juga turut ke lokasi. Mereka mengantarkan bantuan sampai ke tenda-tenda pengungsian, bahkan di lokasi terjauh seperti di Mudik Simpang, Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasbar,” kata Nurul Anastasia.

Ketua PIRA Pasbar Dessy Hervy Noenik juga turut dalam kegiatan amal itu bersama timnya. Mereka bergabung dengan pengurus PIRA Sumbar untuk membantu pengungsi korban gempa Pasbar. “Sejak gempa kami juga sudah turun membantu langsung di lapangan,” katanya.

Baca Juga:  Munas VII Gebu Minang, Pilih Ketua Umum Baru, Sejumlah Nama Menghangat

Pengurus PIRA Sumbar Reni Kurniawati yang langsung berada di lokasi menyebutkan, PIRA tidak sekadar ikut-kutan saja. Tapi juga membantu para korban bencana gempa – terutama yang memiliki dapur umum. Anggoga PIRA akan memastikan dapur umum bisa digunakan dengan baik, dan pasokan bantuan sampai ke warga yang membutuhkan.
Bahkan, saat mengantarkan bantuan ke Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, PIRA juga menyerahkan langsung bantuan kepada Bupati Pasaman Benny Utama.

“Kami juga melihat dan berdialog langsung dengan korban gempa yang masih tinggal di tenda-tenda. Karena rumah mereka yang rusak, atau tidak layak ditempati lagi,” kata Wakil Bendahara DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade menyebutkan, semua elemen di Partai Gerindra turun membantu korban gempa di dua daerah itu. “Selain DPC di Pasbar dan Pasaman, DPD Sumbar dan organinasi-organisasi sayap lainnya juga turun membantu. Karena Gerindra adalah partai yang hadir untuk melayani dan membantu masyarakat, termasuk PIRA,” kata anggota DPR RI ini. (*)