Korban Gempa Malampah Butuh Huntap dan Air Bersih

4
TSR PEMPROV SUMBAR: Pemprov Sumbar memberikan bantuan hibah Rp50 juta untuk pembangunan masjid di Malampah.(IST)

Masyarakat Nagari Malampah, Kabupaten Pasaman yang terdampak gempa akhir Februari lalu berharap mendapatkan bantuan hunian tetap (huntap) dan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Harapan ini disampaikan masyarakat saat Tim Safari Ramadhan (TSR) Provinsi Sumatera Barat, yang dipimpin Asisten III Andri Yulika, mengunjungi Masjid Nurul Iman, Simpang Labuah, Kampung Jambak, Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, Selasa (26/4).

Selain huntap dan air bersih, kata Nelo Prihardi, pengurus masjid sekaligus anggota DPRD Kabupaten Pasaman, yang menyampaikan aspirasi berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga bisa menganggarkan pembangunan jembatan yang melintasi Batang Fatimah dan jembatan di Limpato.

“Kami minta bantuan huntap, agar masyarakat tidak lagi tinggal di huntara. Sebab masyarakat trauma, kalau bisa dianggarkan oleh provinsi pembangunannya. Selain itu juga perlu jalan hotmix di Rimbo Malampah karena sudah banyak kecelakaan. Kami berharap bisa dibantu pada anggaran perubahan, atau diupayakan tahun 2023,” harap Nelo.

Asisten III Pemprov Sumbar Andri Yulika yang mewakili Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam sambutannya menampung seluruh aspirasi dari masyarakat dan akan menyampaikan kepada gubernur.

Baca Juga:  Dituding Mengganggu OPD, Anggota TPSM Meradang

“Pertama kami sampaikan permohonan maaf karena gubernur berhalangan hadir. Dan, semua aspirasi dan masukan dari masyarakat Malampah, ini sudah kami catat dan akan kami sampaikan kepada gubernur,” ujar Andri.

Dalam kesempatan itu, asisten juga menyalurkan bantuan diantaranya dari Baznas Sumbar untuk 10 huntara, masing-masing Rp15 juta dan zakat fitrah serta bantuan untuk petugas kebersihan, penjaga sekolah dan pekerja kasar di SMA/SMK/SLB di Kabupaten Pasaman senilai Rp42 juta.

Pemprov Sumbar juga memberikan bantuan hibah Rp50 juta untuk pembangunan masjid. Selain itu Bank Nagari juga memberikan bantuan Rp10 juta, bingkisan dari BMCKTR dan bantuan Al Quran dari Kakanwil Kemenag Sumbar.

Asisten I Pemkab Pasaman, Asrizal menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas dipilihnya Pasaman sebagai salah satu tujuan Safari Ramadhan Gubernur Sumbar.

Turut hadir dalam safari kali ini dari OPD di lingkup Pemprov Sumbar, Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kadis PMD Amasrul, Kadisdik Barlius, Kabag Protokol Saragosa, Perwakilan dari Biro Kesra Hendri Hasbullah dan perwakilan dari Dinas BMCKTR.(wni)