Amazing! TTS Bikin Padang-Jakarta semakin Singkat, kok Bisa?

2237
Jembatan Ogan ini menghubungkan Seksi I Tol Kayu Agung-Palembang (Kramasan)-Betung dengan Jalintim Sumatera. (Foto: PUPR)

Perjalanan darat dan waktu tempuh Padang ke Jakarta sudah semakin singkat. Googlemap 2020 mencatat jarak Padang ke Jakarta sepanjang 1.273 Km melewati Jalan Tol Kayu Agung-Bakauheni diperkirakan memakan waktu 25 jam. Dulunya ditempuh dalam tempo 2 hari 1 malam.

Padahal jalan Tol Trans Sumatera (TTS) belumlah rampung semuanya. Bayangkan jika TTS di Provinsi Jambi sudah beroperasi.

Saat ini saja TTS di Provinsi Sumatera Selatan telah beroperasi. Alhasil waktu tempuh Palembang ke Jakarta hanya menjadi 7 jam saja, atau terpangkas 10 jam dari waktu tempuh biasanya perjalanan darat.

Seperti diketahui, proyek strategis nasional (PSN) yang dikebut Pemerintahan Jokowi itu, di Pulau Sumatera membentang dari Lampung hingga Aceh sepanjang 2.987 Km (Koridor utama 2.069 km, dan Koridor pendukung (sirip) 919 km).

Progresnya hingga Agustus 2020 sudah beroperasi sepanjang 648 km pada 9 ruas. Sembilan ruas yang sudah operasional yakni;

Bakauheni – Terbanggi Besar 140 km

Terbanggi Besar – Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 Km

Kayu Agung-Jakabaring 33 km, Palembang – Indralaya 22 km

Medan – Binjai 13 km, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62 km

Belawan – Medan – Tanjung Morawa 43 km

Seksi IV Aceh-Sigli 14 km (baru diresmikan Presiden Jokowi 25/8/2020)

Pekanbaru-Dumai 131 km (sudah selesai, menunggu peresmian)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif dapat mengurangi biaya logistik dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

Baca Juga:  193 Pemakalah-10 Keynote Speaker Sharing di CITES 2022 

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, setelah seksi IV Jalan Tol Banda Aceh-Sigli, ruas tol Trans Sumatera yang selanjutnya akan beroperasi pada November 2020 adalah Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung segmen Jakabaring-Kramasan sepanjang 9 km. Progres ruas jalan tol tersebut kini sudah mencapai 98 persen.

Segmen tersebut merupakan bagian dari Seksi I Kayu Agung – Palembang (Jakabaring) sepanjang 34 km yang sudah beroperasi tanpa tarif sejak April 2020, dimana Kramasan merupakan exit ke Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera.

Selanjutnya untuk Seksi II Palembang – Betung telah dimulai pada Juli 2020 dan ditargetkan pembangunan Tol Kayu Agung – Palembang – Betung selesai secara keseluruhan pada Januari 2022. Kehadiran Tol Kayu Agung – Palembang sudah lama dinantikan warga Sumatera Selatan (Sumsel) guna mendukung kelancaran pergerakan orang dan barang (logistik).

Selanjutnya, tercatat sebanyak dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 20 km yang ditargetkan menyusul operasional pada Desember 2020. Kedua ruas tersebut yakni Seksi 3 Tol Sigli-Banda Aceh Jantho-Indrapuri (16 km), dan Medan-Binjai seksi 1A Veteran-Tanjung Mulia (4 km). Dengan tambahan ketiga ruas tersebut, maka total panjang Trans Sumatera hingga akhir 2020 mencapai 677 km. (rel/hsn)