Bentuk Karakter Mahasiswa, STKIP Adzkia Terapkan Kampus Merdeka

34

STKIP Adzkia Padang terus membangun karakter mahasiswa, terutama mahasiswa baru angkatan 2020/2021. Upaya ini sebagai salah satu wujud implementasi kebijakan kampus merdeka dan merdeka belajar dari Kemendikbud RI.

Hal itu disampaikan Ketua STKIP Adzkia Padang Dr Alfadhlani saat memberikan materi kepada mahasiswa baru pada hari ketiga Pekan Taaruf Mahahasiswa (Pertama) yang digelar secara online, Rabu (30/9/2020).

Dia mengatakan ada sembilan karakter yang mesti dimiliki mahasiswa STKIP Adzkia Padang. Sembilan karakter itu antara lain, beriman dan bertakwa kepada Allah, berakhlak mulia, dan sehat jasmani.

Selanjutnya, berwawasan luas, berkepribadian tangguh, pandai menghargai waktu, pandai memanajemen diri, mandiri, dan menjadi rahmat bagi alam semesta

“Karakter yang baik dan benar didasarkan pada Alquran dan Sunnah. Insyaallah di STKIP Adzkia kami akan membentuk karakter para mahasiswa menjadi lebih baik yang didasarkan pada Alquran dan Sunnah,” katanya.

Alumnus ITB ini menambahkan, pembentukan karakter ini akan dimulai dari ketauladanan. Lalu penerapan, pembiasaan atau pembudayaan, yang pada akhirnya terintegrasi menjadi karakter.

Dengan begitu, jelas Alfadhlani, ketika para mahasiswa menyelesaikan studi di STKIP Adzkia Padang lalu bekerja di suatu perusahaan atau lembaga pendidikan akan memiliki karakter yang mulia.

Baca Juga:  BPBD Sumbar Fokus Tangani Bencana Alam dan Non-Alam

“Ketika bekerja di lembaga pendidikan menjadi guru, maka karakter tersebut bisa ditransfer kepada anak didik. Dan hal pertama yang perlu diajarkan kepada anak didik adalah soal akidah. Mulai dari hubungan dengan Allah, hubungan dengan manusia, baru kemudian akhlak,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pembentukan karakter para mahasiswa ini sebagai salah satu implementasi kebijakan kampus merdeka dan merdeka belajar yang dicanangkan Mendikbud RI Nadiem Makarim.

“Selain pembentukan karakter mahasiswa, kebijakan kampus merdeka dan merdeka belajar ini juga telah mulai diterapkan di STKIP Adzkia Padang dalam hal pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Kami sangat mensupport dan siap melaksanakan kebijakan kampus merdeka dan merdeka belajar ini,” sebut Alfadhlani.

Sementara itu, Plt Kepala Kemenhan Sumbar Kolonel Choirul Mustofa yang juga menjadi narasumber tentang bela negara menyampaikan para mahasiswa juga mesti memiliki karakter bela negara.

“Karakter bela negara dari mahasiswa ini, dapat diwujudkan dengan mengawal Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, aktif di berbagai kegiatan mahasiswa dan kegiatan positif lainnya,” sebut Kolonel Choirul. (idr)