FJKIP Balanjuang di Akhir Tahun, Dorong Keterbukaan Informasi Nagari

34

Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Sumbar gelar makan bersama akhir tahun 2020 dengan menu utama ikan puyu dan jengkol.

Forum para jurnalis yang dideklarasikan pada 11 Desember untuk mendorong keterbukaan bersama Komisi Informasi (KI) Sumbar ini.

“FJKIP mesti lebih kompak lagi di 2021, dan mesti makin masif dalam mendorong tercapainya keterbukaan informasi publik hingga ke nagari-nagari,” ujar HM Nurnas sebagai penasehat FJKIP Sumbar, usai balanjuang (makan bersama) di kedai An Rasyid, Rabu (30/12/2020).

Ketua FJKIP Sumbar Gusriyono mengatakan balanjuang digelar sebagai wujud memperkukuh silaturahim sesama jurnalis pro-keterbukaan informasi publik.

“Akhir tahun ini jadi ajang FJKIP menjaga kebersamaan, melakukan evaluasi 2020 dan menatap 2021 Dengan program konkret untuk keterbukaan informasi lebih baik lagi di Sumbar,” ujar Gusriyono dalam kesempatan dihadiri Koordinator Jaringan Pemred Sumbar Heri Sugiarto dan sejumlah wartawan senior itu.

Sementara itu Ketua Komisi Informasi Sumbar Nofal Wiska mengakui FJKIP telah memberikan greget bagi upaya bersama memasifkan keterbukaan informasi publik di Sumbar.

Baca Juga:  Objek Wisata Masih Ramai Pengunjung

“Kita di KI Sumbar sangat terbantu dan mengapresiasi eksis FJKIP dalam memasifkan keterbukaan informasi publik. Selain itu, memberikan informasi bahwa Komisi Informasi sesuai kewenangannya tak saja menangani sengketa informasi publik, tapi mengedukasi dan supervisi terbangunnya iklim keterbukaan di seluruh badan publik di Sumbar ini,” ujar Nofal.

Penasehat FJKIP Novrianto mengatakan FJKIP menjadi kekuatan luar yang berupaya mengokohkan keterbukaan informasi bersinergi dengan Komisi Informasi.(rel)