Sumbar Cetak Rekor Pertambahan Pasien Positif Covid-19

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal. (Foto: IST)

Tingkatkan kewaspadaan kita dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, penularan virus SARS-CoV-2 (Covid-19) masih terus terjadi di Sumbar.

Berdasarkan laporan sementara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar pagi ini (31/7/2020), jumlah warga yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 bertambah 40 orang.

Jumlah tersebut merupakan hasil pemeriksaan 1.541 sampel di Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan Laboratorium Veteriner Baso Agam) yang ditangani Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Si.

Pasien positif Covid-19 tersebut berasal dari lima kabupaten dan kota di Sumbar. Yakni Kota Padang, Sawahlunto, Solok, Kabupaten Solok dan Agam. Terbanyak dari Kota Padang, yakni 26 orang.

“Hari ini, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1441 H, warga Sumbar terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 40 orang. Ini rekor tertinggi konfirmasi positif yang pernah terjadi terhadap hasil pemeriksaan sampel spesimen PCR di Sumbar,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal, Jumat (31/7/2020).

Jasman merinci, pertambahan tersebut berasal dari:

1. Sebanyak 26 orang hasil pemeriksaan sample kiriman dari berbagai rumah sakit di Kota Padang.

2. Sebanyak 6 orang hasil pemeriksaan kiriman sample dari Kota Sawahlunto.

3. Sebanyak 3 orang hasil pemeriksaan spesimen dari Kota Solok.

4. Sebanyak 3 orang hasil pemeriksaan sample spesimen warga Kabupaten Solok.

5. Sebanyak 2 orang hasil pemeriksaan dari Kabupaten Agam.

Menyikapi terus bertambahnya warga terinfeksi virus Covid-19, Jasman mengimbau warga akan tetap menjaga kesehatannya.

“Marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Semoga wabah pandemi covid-19 segera berakhir. Aamiin,” kata Jasman. (esg)