Wagub Nasrul Abit Salurkan Bantuan APD di Kabupaten Sijunjung

Wagub Sumbar Nasrul Abit dan Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman serta rombongan mengunjungi pusat kuliner Logas Muaro Sijunjung dan mencicipi kopi pahit dan makan kue talam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat mendistribusikan 10.000 masker, 150 baju asmat, dan beberapa Alat Perlindung Diri (APD), untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Jorong Gantiang Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Senin (31/8/2020).

Pendistribusian tersebut bagian dari tugas BPBD Sumbar selaku Koordinator Logistik dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar. Penyerahan bantuan diserahkan oleh Wagub Sumbar Nasrul Abit didampingi Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Sumbar Erman Rahman, kepada tujuh kepala jorong.

Wagub Nasrul Abit mengatakan, untuk Tananan Kehidupan Baru Produktif Aman Covid-19 dari WHO, Menkes, Mendagri, BNPB semuanya meminta pemerintah menyiapkan sistem kesehatan, untuk menekan munculnya gelombang baru penyebaran Covid-19 dan munculnya pasien-pasien positif baru.

“Sebelum hal itu terjadi kita harus antisipasi dini, untuk itu pemprov menyiapkan semaksimal mungkin sistem kesehatan dan yang terpenting kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan, itu kuncinya,” ujar Nasrul Abit.

Wagub Sumbar minta virus corona tidak disepelekan, meski virus corona itu bisa dicegah hanya dengan protokol kesehatan; menggunakan masker saat beraktivitas di luar, sering mencuci tangan, menjaga jarak, plus hindari keramaian,” ingat Nasrul Abit.

Baca Juga:  17 Persen Warga Yakin tak Tertular

“Apalagi saat ini kondisi kasus di Sumbar terus bertambah. Sekarang saja sudah 91 orang yang posistif. Ini harus menjadi perhatian kita semua,” tambahnya

Kalaksa Erman Rahman mengatakan, penyerahan APD ini merupakan salah satu program kerja dari pemerintah Sumbar dalam berkontribusi membantu masyarakat di tengah pandemi covid-19.

“Sebelumnya kami telah menyerahkan bantuan berbagai daerah di Sumbar. Bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat danĀ  petugas medis dalam melaksanakan tugas penanganan Covid-19,” ungkap Erman Rahman.

Erman juga mengimbau kesadaran masyarakat di Sinjunjung lebih tinggi lagi dalam kesadaran menjaga hidup sehat dan hidup bersih dengan disiplin protokol kesehatan. (*/hsn)