Usaha Peternakan Menjanjikan

14
M ABRIL

Usaha peternakan menjadi salah satu sektor yang menjanjikan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi peternak.

Namun pemeliharaannya juga menjadi perhatian khusus agar usaha ini berkembang, baik dari segi ketersediaan air maupun pakan. Mendukung pengembangan usaha peternakan ini, Dinas Pertanian Kabupaten Agam bakal memberikan bantuan sarana irigasi pada 2023.

“Bantuan diberikan berupa 2 paket irigasi perpipaan dan 1 paket irigasi perpompaan. Ini bersumber dari DAK, yang diperuntukan bagi 3 kelompok peternakan,” ujar Kabid Peternakan Dinas Pertanian Agam, M Abril, Rabu (1/2).

Ia menjelaskan, irigasi ini untuk mengalirkan air ke kandang ternak, baik dari wilayah ketinggian maupun dataran rendah.

Sebab katanya, ketersediaan air sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha peternakan seperti, membersihkan kandang, memandikan dan minum ternak. “Ini sesuai usulan kelompok, karena di sekitar kandang sangat minim sumber air,” sebutnya.

Selain kebutuhan peternakan, irigasi perpipaan dan perpompaan ini juga dapat dimanfaatkan untuk usaha pertanian. Kelompok penerima bantuan irigasi perpipaan yaitu, Kubang Jaya Kecamatan Palembayan dan Lintas Harapan Kecamatan Tanjungraya.

Baca Juga:  Warga Goro Bersihkan Material Longsor

Sedangkan penerima irigasi perpompaan yaitu, kelompok Rumbuang Saiyo Kecamatan Baso. Di sisi lain, Dinas Pertanian juga memberikan bantuan 1.583 ekor hewan ternak kepada kelompok.

Yakni sapi cross 11 ekor, kambing 22 ekor dan itik 1.550 ekor. Penerima bantuan ini tersebar di 6 kecamatan seperti Matur, Baso, Kamangmagek, Canduang, Palupuah dan Tanjungraya.

Selain bantuan ternak, penerima nanti juga diberikan obat-obatan, pakan dan bimtek dalam meningkatkan pemahaman peternak dalam beternak. “Bantuan ini bersumber dari APBD yang merupakan pokir dari anggota DPRD Agam,” sebutnya.

Berkemungkinan bantuan direalisasikan antara Juni atau Juli. Ia berharap bagi kelompok yang akan menerima bantuan ini agar memelihara ternak yang diberikan nantinya. (rel)