Longsor Timpa Rumah Warga

8
Kalaksa BPBD Agam, Mhd. Luthfi.(NET)

Bencana longsor menghantam permukiman warga di Nagari Canduang Kotolaweh, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam. Material longsor dilaporkan menimpa satu unit rumah warga di nagari itu.

Kalaksa BPBD Agam, Mhd. Luthfi mengatakan, tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Rumah yang tertimpa material longsor milik Darmiza, 62.

Bencana itu katanya, terjadi pada Minggu (3/10), sekitar pukul 18.45. Dipicu hujan deras yang mengguyur Kabupaten Agam dan sekitarnya.

“Hari ini (kemarin, red), kami turun melakukan pembersihan. Semalam tidak bisa karena cuaca masih hujan deras,” kata Mhd Luthfi, Senin (4/10).

Sementara waktu imbuh Kalaksa, korban yang rumahnya terkena longsor sudah diungsikan ke rumah tetangga. Untuk proses pembersihan material sendiri dilakukan secara gotong royong.

Selain Satgas BPBD, upaya pembersihan turut melibatkan TNI/Polri, pemerintah kecamatan, nagari, KSB serta dibantu masyarakat setempat. “Pembersihan sudah selesai dilakukan menjelang sore tadi,” tutur Luthfi.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada. Terutama warga yang tinggal di titik rawan bencana. Bila kondisi cuaca sedang tidak memungkinkan imbuhnya, warga diminta agar mengungsikan diri sementara ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga:  Beralih ke Mesin Listrik, Industri Kilang Tebu Lawang Efisiensi 60 Persen

“Kalau ada bencana melanda segera laporkan kepada pihak Kecamatan atau BPBD, agar tim secara cepat melakukan pertolongan,” ujarnya. (ptr)