Pemkab Siapkan 5 Ribu Vaksin Cegah Rabies

19
ilustrasi vaksin rabies. (JawaPos.com)

Sebanyak 223 kasus gigitan hewan pembawa rabies (HPR) dilaporkan terjadi di Kabupaten Agam sepanjang 2020. Jumlah ini diakui masih terbilang tinggi, namun diklaim menurun dibanding tahun sebelumnya. ”Tahun 2019, tercatat 262 kasus gigitan HPR. Tahun ini angkanya masih tinggi yakni sebanyak 223 kasus,” kata Kepala Dinas Pertanian Agam, Arif Restu, Kamis (7/1).

Dijelaskannya, dari ratusan kasus gigitan HPR pada 2020 didominasi anjing dan kucing. Bahkan, terdapat delapan kasus gigitan hewan positif rabies sesuai hasil labor. ”Namun tidak sampai berakibat fatal. Korban cepat melapor sehingga penanganan penularan rabies juga cepat dilakukan,” jelasnya.

Guna mengurangi risiko penularan penyakit rabies tersebut, pihaknya menyiapkan 5 ribu vaksin tahun ini. Sasaran utama vaksinasi adalah hewan-hewan piaraan masyarakat. HPR sendiri seperti kucing, anjing, kera, musang dan lainnya.

Ia mengimbau agar masyarakat secara sadar berkenan memvaksinasi hewan peliharaannya ke Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan). Pihaknya juga akan jemput bola dengan menurunkan petugas ke jorong-jorong nantinya, dan warga juga bisa menyesuaikan dengan jadwal ini.

Baca Juga:   Barlius: PPDB Juni 2022, Sistem Zonasi Dekatkan Siswa dengan Sekolah

”Mengingat tingginya kasus gigitan, kami harap masyarakat lebih proaktif memelihara hewan dengan tertib. Akan lebih baik mengandangkannya supaya tidak membahayakan orang lain,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, drh Farid Muslim menjelaskan, jika terjadi gigitan dari HPR, maka langkah yang harus dilakukan adalah mencuci luka gigitan dengan sabun atau detergen selama 10-15 menit dengan air mengalir.

Kemudian, luka itu diberi antiseptik dan dibawa ke puskesmas atau dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan sementara sembari menunggu hasil observasi HPR yang menggigit. ”Segera laporkan kejadian gigitan HPR kepada petugas peternakan atau puskeswan terdekat,” pintanya. (p)