Diduga Tak Kuat Menanjak, Truk Pengangkut Sawit Terbalik

12
Ilustrasi truk pengangkut sawit terbalik.(NET)

Satu unit truk pengangkut buah sawit terbalik di kawasan Jorong V Sungaijariang, Nagari Sungaijariang, Kecamatan Lubukbasung, Agam, Selasa (7/12). Beruntung sopir truk berhasil selamat dari musibah kecelakaan tunggal itu.

Peristiwa nahas tersebut terjadi di Jl. Lintas Manggopoh-Pasaman Barat, sekitar pukul 14.30. Truk terbalik lantaran tak kuat menanjak karena mengalami masalah persneling.

“Pengakuan sopir, tidak bisa mengendalikan truk ketika menanjak. Ini kecelakaan tunggal, tapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” kata Kasat Lantas Polres Agam, Apriman Sural membenarkan peristiwa tersebut.

Musibah kecelakaan lanjutnya, dialami kendaraan truk colt diesel bernopol BA 8621 FA yang dikemudikan Ari Saputra, warga Lubukbasung. Sang sopir berhasil selamat dari insiden tersebut.

Namun demikian, truk yang terbalik sempat menganggu arus lalu lintas dengan memicu kemacetan. Pengendara tidak bisa melintas karena terhalang badan truk dan muatan buah sawit yang tumpah ke jalan.

Dia menjelaskan, kecelakaan bermula dari mobil bermuatan buah sawit itu melaju dari arah Simpang Gudang menuju Bawan. Sesampai di lokasi kejadian, kendaraan melewati jalan menanjak dan mendadak persnelingnya mengalami kerusakan.

Baca Juga:   Barlius: PPDB Juni 2022, Sistem Zonasi Dekatkan Siswa dengan Sekolah

Truk kemudian kehilangan kendali dan tenaga untuk mendaki, lalu melaju mundur dan akhirnya terbalik. Arus lalu lintas juga tidak begitu ramai saat kejadian, hingga benturan dengan kendaraan lain tidak sampai terjadi.

“Kendaraan mengalaminya masalah persneling sehingga membuat truk kehilangan tenaga saat dan tak sanggup mendaki. Kendaraan mengalami kerusakan sedangkan korban jiwa nihil. Estimasi kerugian diprediksi mencapai Rp 15 juta,” tutup Kasat. (ptr)