Pelayanan Tiga Puskesmas di Agam Kembali Normal 

Pengurus Partai Demokrat Irwan Fikri menyerahkan APD kepada pihak puskesmas di Agam. (Foto: Humas DPD Demokrat)

Hasil uji Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran (FK) Unand terhadap 100 sample swab orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien positif Covid-19 di Puskemas Lubukbasung, Agam, sudah keluar. Dari jumlah itu, satu sample dinyatakan positif dan 99 lainnya negatif.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Agam, Kasman Zaini mengatakan, saat ini pasien yang dinyatakan positif terinfeksi tersebut sudah mendapatkan penanganan dan diisolasi ke Karantina, Sumbar di Padangbesi, Padang.

“Alhamdulillah, seluruh sample sudah diperiksa. Satu sample dinyatakan positif yakni sesama petugas di Puskesmas Lubukbasung yang berinisial BP, selebihnya negatif,” ujar Kasman Zaini, Senin (11/5).

Dijelaskan, 100 sample swab yang dikirim tersebut merupakan hasil tracking dari pasien WM, yang dinyatakan positif Covid-19 beberapa hari lalu di kecamatan Lubukbasung. Tracking dilakukan ke anggota keluarga, petugas kesehatan dan teman yang perkirakan pernah dekat dan berinteraksi dengannya.

Sementara itu, terhadap Petugas Puskesmas Tilatangkamang, dan Biaro yang juga sempat diambil swab-nya juga telah selesai dianalisa. Sample swab berdasarkan tracking AG, pasien positif Covid-19 telah keluar hasilnya dan dinyatakan negatif.

Dengan keluarnya hasil sample swab tersebut, menandai layanan di tiga Puskemas itu kembali normal. Pemerintah Kabupaten Agam membuka kembali pelayanan Puskesmas Lubukbasung, Tilatangkamang dan Biaro yang sebelum hanya melaksanakan pelayanan terbatas.

Pihaknya, lanjut Kasman, saat ini masih menunggu penuntasan hasil swab terhadap Puskesmas Baso dan Lasi. “Mudah-mudahan keluar dalam waktu dekat ini, dan hasilnya negatif semua,” tuturnya.

Sementara itu, untuk Puskesmas Baso, dan Lasi diperkirakan masih menunggu dan melaksanakan pelayanan terbatas sampai dua hari ke depan. Persisnya sampai hasil swab petugasnya keluar secara tuntas.

“Puskesmas Lasi, untuk sementara menunggu hasil swabnya keluar ditutup dan pelayanan dialihkan ke Puskesmas terdekat. Untuk Puskesmas Baso diperkirakan masih melaksanakan pelayanan terbatas sambil menunggu hasil swab petugasnya keluar secara tuntas,” tutupnya. (p)