Lima Kali Keluar Masuk Penjara! Residivis Curat Tersandung Narkoba

23
BARANG BUKTI: RK menunjukan kepemilikan satu paket ganja seberat 10 gram di Mapolres Agam, Minggu (10/7).(IST)

Setelah lima kali keluar masuk penjara, seorang pria inisial RK alias Tongkong, residivis kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) asal Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung, Agam, kembali ditangkap polisi.

Pria 32 tahun ini kembali bersangkutan hukum lantaran tersandung narkoba dan ditangkap warga usai kedapatan mencuri dua tabung gas.

“Semula pelaku ditangkap karena kedapatan mencuri dua tabung gas di sebuah warung di Pasartiku. Sebelum ditangkap ia terlihat membuang sesuatu yang kemudian diketahui ternyata satu paket narkotika jenis ganja,” kata Kasat Narkoba Polres Agam, Aleyxi Aubedillah membenarkan penangkapan pelaku penyalahgunaan narkotika itu, Senin (11/7).

Kasus pencurian yang membawa RK ke meja penyidik Satresnarkoba Polres Agam itu lanjut Kasat, terjadi di Pasartiku, Kenagarian Tiku Selatan, Kecamatan Tanjungmutiara, Minggu (10/7) siang. Warga memergokinya mencuri dua tabung gas elpiji di warung korban bernama Pendi.

Penangkapan pelaku oleh warga sempat diwarnai aksi kejar-kejaran di jalan raya Tiku-Pariaman. Alhasil, pelaku berhasil diamankan di wilayah Bandagadang, Jorong Gasan Kaciak Kenagarian Tiku Selatan, sekitar pukul 11.00 dan menyerahkannya ke pihak Polsek Tanjungmutiara.

“Setelah menerima laporan atas penangkapan pelaku, personil Polsek Tanjungmutiara dibawah pimpinan Kapolsek AKP Darman langsung datang ke TKP guna memastikan laporan. Sesampai di TKP RK langsung diamankan petugas,” tuturnya.

Saat diinterogasi, warga memberi tahu petugas bahwa pelaku terlihat membuang sesuatu bungkusan saat aksi kejar-kejaran berlangsung. Petugas dengan didampingi para saksi langsung melihat ke lokasi tempat pelaku membuang bungkusan kertas tersebut dan berhasil menemukannya.

Baca Juga:  Korban Kebakaran Terima Bantuan

“Ternyata di dalam bungkusan kertas tersebut berisi narkotika jenis ganja seberat 10 gram. RK pun mengakui bahwa pemilik dari barang haram tersebut adalah dirinya,” sebut Aleyxi.

Setelahnya, Kapolsek Tanjungmutiara AKP Darman membawa pelaku beserta barang bukti ke Makopolres Agam untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Selain satu paket ganja seberat 10 gram, turut disita satu helai celana levis dan satu unit sepeda motor merk Yamaha Mio warna putih dengan Nopol BM 3267 YB sebagai barang bukti.

“Hasil penyelidikan sementara, pelaku merupakan pemakai dalam kasus penyalahgunaan narkoba ini. Kita masih dalami jaringannya,” sebutnya.

Aleyxi menambahkan, lewat keterangan yang didapat dari Satreskrim Polres Agam, Pelaku RK alias Tongkong adalah spesialis jambret yang sering bereaksi di jalanan. Pelaku adalah residivis dalam perkara pencurian yang sudah lima kali keluar masuk penjara.

Atas perbuatannya, RK dijerat Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara dan maksimal pidana mati atau seumur hidup. (ptr)