Total Warga Terkonfirmasi Positif 1.596 Kasus

ilustrasi korona. (net)

Sebanyak 21 warga Kabupaten Agam kembali dilaporkan terkonfirmasi Covid-19, kemarin (14/1). Penambahan itu menjadikan total warga terpapar Covid-19 di Agam ada sebanyak 1.596 orang.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Agam, Martias Wanto mengatakan, kasus warga terpapar virus korona di Agam terus menunjukkan grafik peningkatan di awal tahun ini. Penambahan terbaru 21 kasus positif tersebar di lima kecamatan. ”Kasus baru ini tersebar di Kecamatan Lubukbasung delapan orang, Tanjungraya satu orang, Sungaipua dua orang, Baso dua orang, Tilatangkamang lima orang dan Palupuah tiga orang,” katanya.

Ditekankannya, penambahan ini sekaligus menandai wabah Covid-19 masih menebar ancaman hingga kini. Tambah memilukan lagi kata Martias, sehari sebelumnya terdapat satu pasien Covid-19 asal Kecamatan Kamangmagek meninggal dunia.

”Kita baru berduka juga, ada pasien perempuan, 62 tahun meninggal dunia. Almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Otak Dr Drs M Hatta Bukittinggi. Sehingga, saat ini tercatat sudah 24 pasien Covid-19 meninggal di Agam,” jelasnya.

Selain tambahan kasus positif imbuhnya, juga terselip kabar gembira menyusul sembuhnya empat pasien. Satu pasien berasal dari Kecamatan IV Koto dan tiga pasien dari Tilatangkamang. Dengan penambahan ini, maka jumlah pasien sembuh tercatat sebanyak 1.414 orang sejauh ini.

Baca Juga:  Gojek Sosialisasikan Prokes J3K dan Manfaat Vaksin di Forum Kopdar

Hingga kini akunya, pemerintah masih memantau 66 suspect korona dan 137 warga yang sempat kontak erat. ”Hari ini (kemarin, red), pasien yang masih menjalani perawatan sebanyak 158 orang. Rinciannya 22 orang di rumah sakit, dua orang karantina dan 134 orang isolasi mandiri,” sebutnya.

Pihaknya berharap dukungan masyarakat dalam misi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Agam. Setidaknya kata Martias Wanto, diharapkan kesadaran masyarakat untuk secara sadar mematuhi protokol kesehatan dengan mempedomani Perda AKB.

”Semoga angka kesembuhan terus meningkat dan tidak ada dinyatakan terkonfirmasi baru. Kita berharap pandemi ini cepat berlalu, sehingga aktivitas kembali normal seperti sedia kala,” harapnya. (p)

Previous articleDibangun Pasar Lubukbuaya Arah Selatan
Next articleSekolah Dibuka, 9 Guru Positif Covid-19