Barlius: PPDB Juni 2022, Sistem Zonasi Dekatkan Siswa dengan Sekolah

29
Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius pada acara HUT ke-20 SMAN 2 Tilatang Kamang juga melaunching Majalah SMAN 2, Senin (16/5).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Barlius, meminta kepala sekolah dan majelis guru untuk terus mengembangkan kreativitas siswa, terutama olahraga silat dan bidang minat bakat.

“Keunggulan akan menjadi daya tarik sekolah. Punya warna sendiri akan mudah diingat dan diminati orang. Sekolah maju dengan bidang keunggulannya masing-masing,” kata Barlius saat pembukaan lomba lari 5K dan 10K memperingati HUT ke-20 SMAN 2 Tilatang Kamang, Agam, Senin pagi (16/5).

Barlius menyebut, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan digelar Juni 2022 mendatang. Untuk itu pihaknya sudah menyiapkan zonasi untuk mendekatkan siswa bersekolah di lingkungan tempat tinggalnya.

“Zonasi dibuat agar tidak menyusahkan orangtua dan tidak membahayakan anak. Sekolahkan anak Gadut di SMAN 2 Tilatang Kamang ini. Jika ada yang kurang, mari rembukkan bersama,” pintanya.

Di sisi lain, Kepala SMAN 2 Tilatang Kamang Nani Amelia dalam sambutannya menceritakan bahwa hanya 30 persen lulusan sekolah itu yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Atas dasar itu, pihaknya lalu mengupayakan yang tidak melanjutkan pendidikan, agar menerima pendidikan keterampilan.

Baca Juga:  5 Nagari di Agam Jadi Pilot Project Kampung Inggris!! Cek Infonya!

“Saya mulai ditugaskan Januari 2019. Saat itu saya bingung mau membuat kebijakan seperti apa untuk membawa kemajuan untuk sekolah ini. Setelah mendapat masukan dari tokoh masyarakat Gadut, ternyata banyak yang bisa dilakukan. Kami mengembangkan beragam keterampilan dan pendidikan bakat serta minat siswa. Buah dari itu semua sudah dapat ditampilkan dalam peringatan ulang tahun ke-20 kali ini,” ujarnya. (ryp)