Niat Bakar Sampah, Malah Rumah Ikut Terbakar!

6
UPAYA PEMADAMAN: Petugas Damkar Agam turun membantu pemadaman kebakaran di rumah warga di Jorong Sangkir, Selasa (19/7) dini hari.(IST)

Sebuah rumah milik warga di Jorong Sangkir, Nagari Lubukbasung, Kabupaten Agam, nyaris ludes terbakar, Selasa (19/7) dini hari. Kobaran api diduga berasal dari sisa pembakaran sampah.

Rumah itu milik Santi, 40. Api dilaporkan membara sekitar pukul 03.30 dan menghanguskan bagian dapur rumahnya akibat sisa api dari pembakaran sampah yang tidak tuntas di samping rumah korban.

Kabid Pemadam Kebakaran, Dinas Satpol PP dan Damkar Agam Arfi Yunanda mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun kerugian materil diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

“Apinya berasal dari sisa pembakaran sampah. Saat sampah dibakar terus ditinggal, sehingga sisa api kemudian menjalar mengenai rumah korban. Tapi beruntungnya hanya membakar sebagian saja, dan tidak ada korban jiwa,” kata Arfi.

Ia menjelaskan, kebakaran itu kali pertama diketahui Santi. Korban yang sedang tertidur dibangunkan oleh suara gemuruh dan hawa panas dari belakang. Sejurus kemudian, api berkobar melahap bangunan dapur milik korban.

Konstruksi bangunan bagian dapur rumah yang terbuat dari kayu membuat kobaran api makin menjadi. Hal itu membuat korban panik dan membangunkan seisi rumah, dan kemudian keluar menyelamatkan diri serta meminta tolong.

Baca Juga:  Lagi Asyik Pesta Sabu di Bengkel, 3 Warga Agam Ditangkap!

Bersamaan itu, para tetangga korban berdatangan dan beramai-ramai membantu pemadaman untuk mencegah api menjalar ke permukiman lain. Tak lama berselang, tim Damkar Agam langsung tiba dan melakukan pemadaman. Berkat kesigapan petugas Damkar, BPBD dan relawan, api berhasil dijinakkan 30 menit kemudian.

“Ada dua armada Damkar yang kami terjunkan ke lokasi membantu pemadaman. Untuk kerugian nilainya diperkirakan lebih kurang Rp 5 juta,” terangnya.

Guna meminimalisir peristiwa serupa, ia mengimbau kepada warga untuk memastikan api padam saat melakukan aktivitas pembakaran. Termasuk memperhatikan kondisi aliran listrik, kompor dan peralatan mudah terbakar lainnya saat meninggalkan rumah. (ptr)