Puting Beliung Sapu Satu Rumah, Dua Warung Juga Porak-poranda

12
DIBERSIHKAN: Porak-poranda Tim Satgas penanganan bencana melakukan pembersihan material yang rusak akibat angin puting beliung di Kototangah, kemarin.(IST)

Satu rumah dan dua bangunan warung di Kabupaten Agam porak-poranda disapu angin puting beliung, Sabtu (21/8). Tidak ada korban jiwa akibat bencana itu, namun kerugian materil ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Bencana tersebut dilaporkan melanda kawasan permukiman warga di Jorong Kaluangtepi, Nagari Kototangah, Kecamatan Tilatangkamang. Puting beliung menyapu tiga bangunan milik warga setempat sekitar pukul 14.30.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Syafrizal mengatakan, insiden itu merusak satu rumah dan dua kedai warga. Masing-masing bangunan itu mengalami kerusakan ringan di bagian atap akibat diterbangkan angin.

“Bangunan yang rusak terdata milik Deswita, Masril dan Julpen. Adapun kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai Rp 7 juta,” kata Syafrizal, Minggu (22/8).

Pihaknya aku kabid, hari ini juga turun melakukan pembersihan material atap yang terhempas angin hingga ke dalam sawah dengan sistem gotong-royong. Selain itu katanya, pemerintah daerah lewat BPBD Agam juga telah memberikan bantuan kedaruratan bagi para korban.

“Untuk pembersihan, kita lakukan bersama pemerintah kecamatan, nagari, TKSK beserta masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:  Waspada!! Ada 700 Rumah Warga Terancam Abrasi Pantai Tiku!

Di lain tempat, Kalaksa BPBD Agam, Mhd. Luthfi mengimbau, masyarakat supaya lebih waspada dan siaga ke depannya, terutama saat terjadi hujan disertai angin kencang.

“Jika curah hujan cukup tinggi disertai angin kencang diharapkan pada masyarakat yang tinggal di daerah rawan, kalau bisa sementara waktu mengungsi ke tempat sanak yang famili lebih aman. Ini supaya meminimalisir korban jiwa,” tuturnya. (ptr)