Rumah Semi Permanen Hangus Terbakar

Tim damkar dibantu masyarakat berjibaku memadamkan api yang membakar rumah Yulfi Arman di Kotomarapak, Kecamatan Ampekangkek, Kabupaten Agam, Sabtu (22/8). (net)

Sebuah rumah semi permanen hangus terbakar saat pemiliknya bekerja di sawah. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, karena anak-anak pemilik rumah telah dititipkan ke tetangga. Peristiwa nahas tersebut terjadi di Kotomarapak, Kecamatan Ampekangkek, Kabupaten Agam.

Komandan Regu Pemadam Kebakaran Agam Unit Biaro, Alex Youhendri menyebut, kejadian diprediksi bermula pukul 10.00 Wib, Sabtu (22/8). Pemilik rumah diketahui atas nama Yulfi Arman, 45 tahun. “Jumlah anggota keluarganya ada 3 orang. Yaitu Yulfi Arman dan dua orang anak yang masih kecil. Si sulung kelas 1 SD, sedangkan si bungsu masih TK,” ujar Alex.

Dijelaskan Alex, rumah yang terbakar ditinggal pemilik dalam keadaan kosong untuk pergi ke sawah. Sementara dua orang anak laki-laki dititipkannya untuk bermain di rumah tetangga. “Menurut saksi api terlihat dari ruang tengah dan dapur. Dengan cepat api sudah membesar,” katanya.

Mendapati informasi itu, sebanyak lima unit armada pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk menjinakkan si jago merah. Tim terdiri dari tiga unit Damkar Kabupaten Agam, satu unit Damkar Kota Bukittinggi dan satu unit Damkar Kota Padangpanjang. Api dapat dijinakkan selama satu jam kemudian.

Baca Juga:  Temukan Unsur Pidana, antara Kesengajaan dan Kelalaian

“Sekitar pukul 11.15 WIB api sudah padam. Namun karena bara api sudah tertutup atap seng, proses pendinginan berlangsung sedikit lama,” jelasnya. Tidak ada barang-barang yang dapat diselamatkan sama sekali dalam kejadian itu. Hingga kini pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran. “Estimasi sementara kerugian kami taksir sekitar 70 juta rupiah,” tutup Alex. (p)