Asrama MTI Kapau Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 2 M

34
Gedung Asrama MTI Kapau, Kecamatan Tilatangkamang, Kabupaten Agam, terbakar, Kamis (24/9). (net)

Gedung Asrama Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Kapau, Kecamatan Tilatangkamang, Kabupaten Agam, terbakar, Kamis (24/9). Api membara sekitar pukul 07.00 WIB, sesaat sebelum lonceng tanda proses belajar mengajar dimulai. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 2 miliar.

Foto dan video kejadian nahas itu dengan cepat beredar di media sosial. Terlihat para siswa menjerit histeris. Sebagian mereka sudah memakai baju seragam dan bersiap ke sekolah. Warga sekitar dibantu tim pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api.

Kapolsek Tilatangkamang, AKP Lirman melaporkan, bangunan yang terbakar adalah asrama putra di lantai dua bangunan sebanyak 4 kamar dan satu ruangan mushala. Seluruh bagian atap bangunan ludes dimamah api. “Ada sekitar 30 siswa yang masih berada di asrama yang sedang bersiap berangkat ke sekolah. Belum diketahui sumber api dari mana,” kata AKP Lirman.

Informasi yang beredar di lapangan, api diduga berasal lantai dasar asrama. Adapun lantai 2 yang terbuat dari papan kayu membuat si jago merah cepat membesar. Barang-barang siswa asrama tidak banyak yang bisa diselamatkan.

Baca Juga:  Masyarakat Diminta Waspada, Dua Rumah Ditimpa Pohon Sawit

Danru E Posko Biaro Damkar Agam, Alex Yuhendri mengaku, api diduga berasal dari dapur penjaga asrama yang pertama kali dilihat pemilik warung depan asrama tersebut. Begitu mendapatkan informasi, pihaknya langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 08.30 WIB, dengan melibatkan tiga unit armada damkar Agam, yang dibantu dua unit armada Bukittinggi dan satu unit armada Padangpanjang. “Saat ini, masyarakat yang dibantu satgas pemadam kebakaran sedang melakukan pembersihan puing-puing sisa kebakaran tersebut,” katanya. (p)