Pohon Tumbang Robohkan Tiang Listrik, Akses Warga Putus Total

12
AKIBAT CUACA EKSTREM: Personel BPBD Agam melakukan pembersihan material pohon tumbang yang menutupi akses jalan di Jorong Cacangtinggi, Nagari Tiku Utara, kemarin (25/7) sore.(IST)

Sebatang pohon jati tumbang dan dan menimpa tiang listrik di Jorong Cacangtinggi, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjungmutiara, Agam, Senin (25/7). Akibatnya akses jalan warga setempat putus total karena tertutup material pohon.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Irman, mengatakan, kejadian itu dipicu cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Agam dan sekitarnya. Selain menutup akses jalan, material pohon juga menimpa dan merobohkan kabel tiang listrik milik PLN.

“Pohon tumbang terjadi pukul 14.00 dan kita terima laporan dua jam setelahnya. Hingga sore proses evakuasi pohon masih dalam penanganan personel di lapangan,” ujarnya.

BPBD telah menerjunkan lima personel ke lokasi melakukan pembersihan material pohon tumbang. Di lapangan, Satgas BPBD Agam turut dibantu pihak pemerintah kecamatan, nagari dan warga setempat.

Atas kejadian itu, ia mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan disertai angin kencang. Terutama pengguna jalan agar lebih hati-hati saat melintas di wilayah yang dekat dengan tebing atau perbukitan dan banyak pohon.

Baca Juga:  Genjot Budidaya Ikan Nila Sistem Bioflok

“Kita juga meminta masyarakat agar memangkas ranting dan dahan pohon yang telah lapuk di sekitar tempat tinggal. Ini guna meminimalisir kejadian pohon tumbang,” katanya. (ptr)