Ruas Jalan Kelok 10 Amblas, Jalur Kelok 44 Ditutup

Ruas jalan Kelok 44, persisnya di tikungan 10 amblas pascadiguyur hujan deras, Minggu (26/7) malam.

Ruas jalan Kelok 44, persisnya di tikungan 10 amblas pasca diguyur hujan deras, Minggu (26/7) malam.

Kondisi ini membuat akses lalu lintas terganggu, bahkan jalur penghubung Maninjau-Matur menuju Bukittinggi itu ditutup sementara waktu untuk kendaraan roda empat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Syafrizal menyebut, nyaris sebagian bahu jalan di kelok ke-10 amblas disebabkan longsor. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.15 WIB.

“Wilayah sekitar diguyur hujan sejak kemarin sore sehingga memicu longsor di kelok ke-10 yang menyebabkan bahu jalan ikut terban,” kata Syafrizal.

Saat ini lanjutnya, akses jalan yang melewati Kelok 44 terpaksa ditutup untuk beberapa hari ke depan. Mengingat kondisi jalan cukup membahayakan, terutama bagi kendaraan roda empat.

Dijelaskan, bahu jalan amblas sepanjang 10 meter dengan lebar 2,5 meter. Namun begitu, khusus pengendara roda dua disebut masih bisa melewatinya dengan catatan tetap berhati-hati dan selalu waspada.

“Nyaris sudah setengah badan jalan yang runtuh. sesuai koordinasi dengan Dishub Agam dan Polres Agam, akses jalan yang melewati Kelok 44 ditutup, mengingat kondisi jalan cukup membahayakan bagi kendaraan roda empat,” katanya.

Sebagai upaya antisipasi, katanya lagi, BPBD Agam berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan, Nagari dan TKSK untuk melakukan pendataan. Sejumlah pihak terkait telah turun ke lokasi kejadian.

“Pemasangan rambu dan papan informasi telah dilakukan di kedua sisi jalan. Guna menghindari korban jiwa, untuk sementara waktu arus lalu lintas melewati Kelok 44 dialihkan ke Palembayan,” tuturnya.(p)