Tiga Warga Agam Kembali Sembuh dari Covid-19 

14
CEGAH COVID— Bupati Agam Indra Catri meninjau kesiapsiagaan Nagari Pasia Laweh cegah penyebaran covid-19.

Tiga warga Agam pasien positif Covid-19 kembali dinyatakan pulih dari paparan virus tersebut. Daftar panjang warga yang sembuh di Agam bertambah menjadi 15 orang. Hingga kini, tersisa dua orang lagi yang sedang menjalani perawatan di tempat isolasi.

Tiga warga baru yang dinyatakan terbebas dari infeksi corona itu yakni, AE, 22, warga Padangtarok, Kecamatan Baso dan RE, 42, warga Bonjoalam, Ampanggadang, Kecamatan Ampekangkek yang sempat menjalani perawatan di RSAM Bukittinggi. Satu lagi yaitu CM, 35, warga Talagobawah, Jorong Surabayo, Kecamatan Lubukbasung yang dirawat di Balai Diklat BPSDM Provinsi Sumbar.

Informasi yang dihimpun dari Humas RSAM Bukittinggi, Murshalman Chaniago, dua pasien asal Agam yang telah sembuh dari Covid-19 tersebut sudah pulang ke rumahnya masing-masing sejak Rabu (27/5) sore. Pasien AE dan RE dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swab test-nya negatif, sesuai yang dikeluarkan laboratorium FK Unand Padang.

“Dua warga Agam itu sudah pulang ke rumahnya masing-masing kemarin, sekitar pukul 15.00 WIB. Kurang lebih mereka menjalani perawatan di RSAM selama dua minggu,” kata Mursalman, Kamis (28/5).

Dibeberkan, pasien AE tadinya terinfeksi melalui kontak langsung dari orang tuanya berinisial J, 60 tahun. Orang tuanya sendiri telah lebih dulu dinyatakan sembuh dan dibolehkan pulang oleh pihak RSAM Bukittinggi pada pertengahan Mei lalu.

Sedangkan pasien RE, terang Mursalman, merupakan tenaga perawat di RSAM Bukittinggi. Yang bersangkutan diketahui positif Covid-19 Senin (11/5), pasca-pihak rumah sakit mengambil sampel swab terhadap 40-an petugas seperti dokter, perawat, dan tenaga penunjang lainnya. Sehari setelahnya RE mulai menjalani isolasi di RSAM Bukittinggi.

Sementara, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Agam, Khasman Zaini mengatakan, bersamaan dengan AE dan RE, terdapat satu warga lagi yang dinyatakan sembuh di Agam. Pasien tersebut adalah CM yang dirawat di Balai Diklat BPSDM Provinsi Sumbar.

“CM ini sudah menjalani isolasi sejak 13 Mei lalu di Balai Diklat BPSDM di Padang. Dia merupakan pegawai tata usaha RSUD Lubukbasung,” sebut Khasman.

Dijelaskan, CM diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 lewat hasil pengembangan dari tracking cluster WM, petugas labor Puskesmas Lubukbasung. Dengan tambahan tiga warga itu, tercatat perkembangan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Agam sembuh menjadi 15 orang dari 17 kasus positif Covid-19 sejauh ini.

Terpisah, Bupati Agam, Indra Catri mengaku, bersyukur mendengar berita gembira ini. Dirinya mengapresiasi kerja keras tenaga medis yang sudah berupaya kuat membebaskan mereka dari cengkraman virua tersebut.

“Ini kabar yang menyejukkan bagi kita dan patut disyukuri. Terima kasih kepada tim dokter karena kesembuhuhan itu tidak terlepas dari kerja keras mereka. Selanjutnya selamat kepada pasien yang telah menunjukkan kemauan, disiplin, dan semangat yang tinggi selama masa pengobatan,” ujar Indra Catri. (p)