25 Ribu Bibit Ikan Ditebar Untuk Cadangan Pangan

17
Pemnag Pasia Laweh Terima Bantuan Bibit Ikan dan Sayuran untuk Cadangan Pangan

Pemerintah Kabupaten Agam menebar sebanyak 25 ribu benih ikan air tawar untuk persiapan cadangan pangan. Puluhan ribu bibit tersebut dikembangkan di Nagari Pasialaweh, Kecamatan Palupuah.

“Bantuan berupa bibit ikan itu sebagai upaya pemerintah daerah melalui wali nagari dalam membuat cadangan pangan bagi masyarakat nagari. Sekaligus mendukung kemandirian pangan,” kata Wali Nagari Pasialaweh, Zul Arfin.

Dijelaskan Zul Arfin, khusus di nagarinya tersebut sudah dua kali memperoleh bantuan serupa tahun ini. Sebelumnya, pihaknya juga sudah mendapatkan bantuan bibit ikan sebanyak 52 ribu ekor dari DPKP Agam.

Untuk mengembangkan ikan air tawar sendiri, di Pasialaweh sudah disediakan sebanyak 402 kolam. Sehingga butuh pasokan benih ikan yang banyak.

“Jadi sudah dua kali kita dapat bantuan bibit ikan ini. Jumlah pertama belum mencukupi dari kolam yang tersedia sebanyak 402 kolam. Sehingga kami kembali mendapatkan bantuan bibit ikan jenis nila untuk beberapa kolam lagi,” paparnya.

Selain bantuan bibit ikan, Pemnag Pasialaweh juga menerima bantuan bibit bayam dan kangkung sebanyak 1 kilogram. Khusus bayam dan kangkung, kata Zul Arfin akan disebar kepada masyarakat untuk segera ditanam.

Bahkan pengadaannya juga sudah ada dalam APB Nagari, yang sebelumnya telah disebar sebanyak 500 paket kepada masyarakat. “Kini kita tidak bicara Covid-19 lagi, tetapi berbicara tentang ketahanan pangan bagi masyarakat dalam menghadapi kondisi sulit sekarang,” tukasnya. (p)