Tiga Pj Walnag di Agam Dilantik saat Pandemi

PROKES—Pelantikan Pj Walinagari di Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam komit menerapkan protokoler kesehatan (Prokes).

Di tengah pandemi Covid-19, Camat Palembayan, Kabupaten Agam, Ridwan melantik tiga pejabat (Pj) wali nagari (Walnag) di kecamatan itu. Prosesi pelantikan diselenggarakan dengan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Ketiga Pj wali nagari yang dilantik itu yakni, Zulkifli sebagai Pj Wali Nagari Baringin, Herisman sebagai Pj Wali Nagari Sipinang dan Junaida menjabat sebagai Pj Wali Nagari Sungaipua.

Camat Palembayan, Ridwan mengaku, para Pj wali nagari itu dilantik Kamis (28/9). Suasana pelantikan di tengah pandemi corona sangat berbeda dari biasanya dan dilaksanakan secepat dan seringkas mungkin.

“Pelantikan menyesuaikan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Untuk kewaspadaan menghindari segala kemungkinan yang terjadi di tengah pandemi korona,” katanya.

Dijelaskan, selain kegiatan dilakukan secara singkat dan padat, semua yang hadir dalam pelantikan diharuskan menggunakan masker. Tidak ada acara salam-salaman dan satu sama lain menjaga jarak atau physical distancing.

Kemudian, panitia terlebih dahulu juga melakukan pengecekan kesehatan atau suhu tubuh terhadap seluruh tamu undangan sebelum memasuki area pelantikan. Sebelum itu, seluruh tamu undangan diwajibkan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan.

“Tamu undangannya juga terbatas. Di antaranya unsur Forkopimca plus perangkat kecamatan, nagari dan tokoh masyarakat saja,” paparnya.

Menurutnya, pelantikan di tengah situasi wabah Covid-19 sebagai upaya agar pelayanan kepada masyarakat tidak terputus. “Diharapkan, mereka yang dilantik selain dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai Pj wali nagari, juga untuk membantu penanganan Covid-19, khususnya di Palembayan,” ungkapnya. (p)