Saat Malam Tahun Baru, Seluruh Objek Wisata Tutup

73
Danau Maninjau salah satu objek wisata di Kabupaten Agam. (net)

Pemerintah Kabupaten Agam menutup seluruh objek wisata saat malam penutupan dan pergantian tahun baru. Kebijakan ini untuk mempersempit ruang menyuburnya praktik-praktik kemaksiatan di daerah itu.

”Penutupan objek wisata dapat meminimalisir terjadinya perbuatan yang melanggar norma agama dan adat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Agam, Syatria.

Perayaan tahun baru masehi biasanya identik dengan pesta kembang api, meniup terompet, pesta hura hura, mabuk, berkeliaran pasangan bukan mahram yang dinilai merupakan perbuatan mubazir atau sia-sia dan bahkan mengandung nilai-nilai maksiat.

Menurutnya, salah satu tempat yang kerap dikunjungi saat aktivitas perayaan malam tahun baru itu adalah objek wisata. Sehingga, lokasi-lokasi wisata nantinya akan jadi sasaran utama dalam operasi pengawasan.

”Objek wisata di Agam tidak diperkenankan dijadikan sebagai tempat dalam aktivitas perayaan tahun baru nanti. Karena, dikhawatirkan dapat dimanfaatkan untuk perbuatan yang melanggar norma agama dan adat Minangkabau,” sebutnya.

Pihaknya menekankan agar pengelola wisata di Agam betul-betul berkomitmen dengan aturan yang sudah ditegakkan. ”Baru ditemukan melanggar saja, nanti akan ada sanksinya,” tegasnya.

Baca Juga:   Barlius: PPDB Juni 2022, Sistem Zonasi Dekatkan Siswa dengan Sekolah

Dijelaskannya, penutupan objek wisata di Agam hanya saat malam puncak penutupan dan pergantian tahun. Ditutup pukul 18.00 dan dibuka kembali esok paginya. Ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran Bupati Agam tentang pergantian tahun baru masehi di daerah itu.

Di samping itu, ia juga mengimbau pengelola penginapan agar tidak menerima tamu yang statusnya tidak jelas, seperti pasangan bukan muhrim. Karena tidak dapat dipungkiri ini akan bermuara pada perbuatan asusila, yang nantinya membuat nama daerah tercoreng.
Kemudian, buat seluruh masyarakat Agam diajak mengisi malam pergantian tahun dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat. (p)