Khawatir Virus Korona, 14 Pekerja Banjarnegara Dipulangkan

Aparat melakukan pendataan terhadap para pekerja asal Banjarnegara yang akan dipulangkan. (Rifa Yanas-Padang Ekspres)

Sebanyak 14 pekerja asal Banjarnegara, Jawa Tengah yang datang ke Lubukbasung, Minggu (29/3), akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya, Senin (30/3). Pemulangan para pekerja yang rencananya akan mengerjakan proyek di komplek rumah dinas bupati Agam itu dikawal khusus sampai ke perbatasan wilayah Agam.

Pemulangan ke-14 pekerja itu dibenarkan, Asisten I Sekkab Agam, Rahman didampingi Kepala Dinas satpol PP Damkar Agam Kurniawan Syahputra dan Kadistan Agam Arief Restu. “Langkah itu diambil sebagai bentuk antisipasi penyebaran covid-19 di Kabupaten Agam, karena saat ini Sumbar mulai memberlakukan pembatasan selektif bagi pendatang,” kata Rahman.

Terkait 14 pekerja asal Banjarnegara, Jateng tersebut, setelah sebelumnya rombongan pekerja yang sampai ke Lubukbasung menggunakan bus pariwisata. Setelah dilakukan pemeriksaan medis, seluruhnya dikarantina di BLK Pemkab Agam di Sungaijariang. Satu malam dikarantina, akhirnya diputuskan Senin pagi, seluruh pekerja dipulangkan ke kampung halamannya oleh Pemkb Agam.

“Lokasi isolasi di gedung BLK Pemkab Agam di Sungaijariang sudah dikosongkan dan ditutup. Setelah itu langsung disemprot disinfektan oleh tim Distan Agam,” sebut Rahman. (ryp)