Seorang Petugas Pemilu Positif Covid-19

21
Ilustrasi positif Covid-19. (Foto: IST)

Seorang penyelenggara Pemilu di Kota Bukittinggi yang bertugas sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Birugo dinyatakan positif Covid-19. Kabarnya, pasien seorang perempuan berinisial MY, 39 , dan kini sedang menjalani perawatan medis di ruang isolasi RSAM Bukittinggi.

Ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Yandra Ferry. Pihaknya mengaku juga telah melakukan tracking terhadap riwayat perjalanan pasien tersebut. “Sudah di-tracking. Sebanyak 33 orang sudah dilakukan swab di Dinas Kesehatan,” katanya, Selasa (30/6).

Terpisah, Humas RSAM Bukittinggi Murshalman Chaniago menyebut, pihaknya telah menerima tambahan pasien dari kota wisata itu. Kondisi terkini pasien disebutkan relatif baik.

“Memang benar pasien inisial MY beralamat Birugo Kota Bukittinggi dan pada Minggu (28/6) siang masuk ke IGD Covid-19 RSAM. Pasien perempuan itu dijemput ke rumahnya dan diantar ke RSAM menggunakan mobil ambulans Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi,” katanya.

Sebelumnya, kepada awak media, Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias juga telah memberikan keterangan lebih rinci. Kasus baru ini, terjadi saat Kota Bukittinggi menerapkan aturan tatanan normal baru atau new normal sekaligus setelah lebih sebulan Kota Bukittinggi tidak ada penambahan kasus positif Covid-19.

“Yang bersangkutan ikut rapid test, karena bertugas sebagai PPS di KPU Bukittinggi dan ada 7 orang yang reaktif. Dari hasil itu, kita swab dan 1 orang positif yakni warga Birugo. Kita berharap tidak bertambah lagi kasus Covid-19,” katanya.

Wako juga menegaskan, kembali adanya kasus covid-19 di Bukittinggi, tidak berpengaruh dengan new normal. Untuk itu, pemko tidak bosan mengimbau warga untuk tetap mematuhi protokol penanganan Covid-19.

“Bukittinggi wajib pakai masker, rajin cuci tangan, terapkan pola hidup bersih dan sehat. Ini yang kami imbau kepada warga, agar tetap menjalankan aturan tatanan new normal ini, agar penyebaran covid-19 dapat terus ditekan,” jelas Wako.

Informasi yang dirangkum, pasien MY dinyatakan terpilih sebagai anggota PPS Birugo berdasarkan pengumuman KPU Bukittinggi Nomor 105/PP.04.2-Pu/1375/KPU-Kot/III/2020. Kemudian, memasuki masa tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020, salah satu tugas yang harus dijalani PPS adalah melakukan verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon dari jalur perseorangan. (p)