Pelajar Mulai Nikmati Internet dari Rumah

29
ilustrasi. (net)

Beberapa waktu lalu, pelajar di Jorong Sungaigantuang, Nagari Pasialaweh, Kecamatan Palupuah, susah payah menuju puncak bukit untuk mengakses jaringan internet. Kini, mereka sudah bisa mengakses internet dengan nyaman dari rumah masing-masing.

Kemudahan akses internet tersebut setelah beroperasinya tower Compact Mobile Base Station (Combat) Portable milik PT Telkomsel di wilayah setempat. ”Tower portable Telkomsel di Sungaigantuang telah beroperasi. Jaringan internet sudah bisa diakses dengan mudah hingga jarak 5 kilometer,” kata Sekretaris Kabupaten Agam, Martias Wanto, Kamis (1/10).

Sebelumnya, di wilayah Jorong Sungaiguntuang, Nagari Pasialaweh, para pelajar mengalami kesulitan mendapatkan akses internet untuk belajar daring di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, mereka harus bersusah payah mendaki hingga ke puncak bukit demi mencari jaringan.

Menyikapi kondisi tersebut, Pemkab Agam bertindak cepat untuk menyegerakan pendirian tower yang sudah diusulkan sejak tahun 2017 lalu. ”Beberapa waktu lalu, PT Telkomsel melalui PT Kisel Pekanbaru datang langsung ke lokasi melihat titik koordinat yang berpeluang mendapatkan signal dan pendirian tower combat,” katanya.

Setelah kunjungan, Bupati Agam dan rombongan beberapa hari lalu ke daerah tersebut, pengerjaan pengoperasian tower langsung dikebut. Sehingga, sekarang tower portabel itu sudah bisa diakses masyarakat setempat.

Baca Juga:  Dinkes Kota Bukittinggi Beri Pemahaman Hepatitis Akut pada Kader Posyandu

Beroperasinya tower tersebut, kata Martias, sebagai upaya pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat, terutama pelajar dan mahasiswa untuk mendapatkan jaringan internet dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring di masa pandemi Covid-19.
”Semoga tower portable ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat terutama dalam menunjang pendidikan,” tuturnya.

Pihaknya juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam mendorong pembangunan tower tersebut dalam tempo yang tidak terlalu lama. ”Terima kasih Telkomsel. Terima kasih Bapak Andre Rosiade sebagai anggota DPR RI yang sudah ikut memperjuangkan dan mendorong Telkom mambangun tower, sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat Sungaigantuang ini,” katanya.

Tidak hanya sampai di situ, upaya Pemerintah Kabupaten Agam dalam memberikan akses yang sama bagi pelajar dan mahasiswa yang ada di pelosok nagari, juga dilakukan melalui Gerakan Agam Terkoneksi.

Melalui gerakan tersebut, Pemerintah Kabupaten Agam menyediakan akses Wifi gratis di masjid-masjid, sekolah, dan perkantoran hingga ke tingkat nagari. ”Pandemi Covid-19 ini entah kapan akan berakhir, namun pendidikan tidak boleh terhenti, untuk itu Pemerintah Kabupaten Agam membantu pelajar untuk mendapatkan layanan internet secara gratis,” katanya. (p)