Gubernur Sebut Kedisiplinan Kunci Sukses New Normal 

15
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengapresiasi kerja keras dan komitmen dari Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi dalam menjalankan new normal. Gubernur Sumbar menyebut jika kedisiplinan dari Pemko dan masyarakat cukup penting dan terbukti Bukittinggi bisa laksanakan tatanan pola hidup normal baru.

“Kami lihat langsung, pintu masuk ada penjagaan, sosialisasi terus dilaksanakan. Objek wisata dibuka dengan aturan pencegahan Covid-19, pegawai mulai bekerja dan masjid juga dibuka dengan standar pencegahan Covid-19. Pasar juga ditata. Setelah melihat ini, kami nilai Bukittinggi sukses laksanakan new normal,” ungkap Irwan Prayitno saat mengunjungi Bukittinggi, Selasa (2/6).

Gubernur mengatakan, jika ada pasien positif bertambah, akan ada evaluasi tentunya. Namun, new normal tidak akan dicabut. “Kita lihat situasinya ke depan. Jika ada pasien positif bertambah, bukan new normal yang dicabut namun tim kesehatan akan ditingkatkan, rumah sakit akan disiapkan, laboratoriumnya dan alat kesehatannya,” tegas Gubernur.

Diketahui, sejak beberapa hari lalu, Bukittinggi berani keluar dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan jalankan new normal. Sejak lepas dari PSBB, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tetap dilakukan.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menjelaskan, sejak awal Juni, Pemko Bukittinggi memang telah menyatakan keluar dari PSBB di Sumatera Barat. Ini dilakukan agar masyarakat tidak lagi terpaku dengan ketakutan akan Covid-19.

“Sejak keluar PSBB, secara bertahap fasilitas umum kita aktifkan kembali. Objek wisata, perhotelan, pasar dan direncanakan dunia pendidikan juga akan diaktifkan. Namun, kedisplinan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 tetap dilaksanakan. Masuk Bukittinggi wajib pakai masker, suhu tubuh diperiksa dan mohon maaf jika ada pengunjung dari daerah pandemi, untuk sementara masih belun kita izinkan masuk Bukittinggi,” ungkap Ramlan Nurmatias. (p)