Jalur Masuk Kota Bukittinggi Diperketat, Posko Check Point Ditambah

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meninjau pengawasan penanganan Covid-19 di Pos Perbatasan Sumbar-Riau, Kamis (23/4/2020). (foto: Humasprov)

Jalur masuk ke wilayah Kota Bukittinggi makin diperketat dengan ditambahnya pos check point yang berada di simpang Kubu Tanjung Kecamatan ABTB, Sabtu (2/5). Bahkan pengendara mobil dan motor maupun penumpang yang tidak menggunakan masker disuruh balik dan tidak diizinkan melintas dan masuk kota Bukittinggi.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias yang turut dan terlibat langsung melakukan pembuatan posko check point mengatakan, perlunya penambahan posko check point ini karena masih banyaknya kendaraan yang masuk Bukittinggi yang tidak terpantau dengan menggunakan jalur alternatif khususnya kendaraan dari arah Payakumbuh melalui daerah Tigo Baleh.

“Hal ini adalah upaya memutus mata rantai dan dilakukan agar penyebaran Covid-19 dapat dihindari, karena saat ini sejumlah Kabupaten dan Kota lain di sekitar Bukittinggi sudah memiliki kasus positif Covid-19 yang dapat tertular. Kami harap apa yang dilakukan ini dapat dipatuhi masyarakat, karena ini demi kebaikan bersama,” jelas Ramlan.

Kepada pengemudi dan penumpang kendaraan, selain diwajibkan menggunakan masker juga diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu pada wastafel yang disediakan sebelum masuk kota, begitupun dengan pengendara sepeda motor apabila tidak menggunakan masker akan disuruh balik kembali.

Disamping itu juga dilakukan pengukuran suhu tubuh kepada masing-masingnya. Di setiap posko check point, petugas yang bertugas melibatkan pihak polisi, TNI, Satpol PP, Dishub dan dari Dinas Kesehatan Kota. (stg)