Hariadi Paling Tajir, Trinda Terkecil

161
ilustrasi. (jawapos.com)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi mengumumkan daftar kekayaan para calon bupati Agam yang akan bertarung di Pilkada 2020 mendatang. Rincian harta mereka dapat diakses publik secara terbuka melalui elhkpn.kpk.go.id.

Jika harta para kandidat disandingkan, Hariadi tercatat memiliki daftar kekayaan melebihi Rp 47,9 miliar. Nominal ini menjadikannya calon bupati Agam paling tajir diikuti Andri Warman, Taslim, dan Trinda Farhan Satria.

Hariadi yang juga suami senator DPD RI Emma Yohanna itu tercatat memiliki 11 kapling tanah dan bangunan di Kota Padang, Pasaman Barat, Kota Bukittinggi, Baganbatu, dan Jakarta sebagai aset pribadinya.

Nilai aset untuk tanah dan bangunan milik Hariadi bervariasi mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Yang terbesar, ternyata Hariadi memiliki tanah dan bangunan di Kota Bukittinggi seluas 4.397 dan 13.200 meter persegi dengan taksiran mencapai Rp 40 miliar.

Untuk harta kekayaan berupa alat transportasi dan mesin, Hariadi yang berpasangan dengan Novi Endri memiliki tiga unit kendaraan mewah. Di antaranya, Mobil Toyota Cygnus Jeep tahun 2005 setara Rp 200 juta, Toyota Land Cruiser Jeep tahun 1996 setara Rp 100 juta, dan Toyota Vellfire Minibus tahun 2010 setara nilai Rp 200 juta.

Selain itu, calon bupati Agam nomor urut 2 ini juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 55 juta, surat berharga senilai Rp 165 juta, kas dan setara kas sebesar Rp 536 juta. Karena tidak mempunyai utang, total kekayaannya dikalkulasi mencapai Rp 47,9 miliar.

”Apabila di kemudian hari terdapat harta kekayaan milik penyelenggara negara dan/atau keluarganya yang tidak dilaporkan dalam LHKPN, maka penyelenggara negara wajib untuk bertanggung jawab sesuai peraturan perundang-undangan berlaku,” tulis KPK pada pengumuman itu.

Calon Bupati Agam Nomor Urut 4, Andri Warman memiliki total kekayaan mencapai Rp 9,07 miliar. Aset anggota DPRD Sumbar itu berupa tanah dan bangunan yang tersebar di Kabupaten Agam dan Kota Tangerang ditaksir bervariasi mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Total tanah dan bangunan Andri Warma terakumulasi sebanyak Rp 4,9 miliar.

Baca Juga:  Polemik Parkir Terminal, Joni Feri: Bukan Kewenangan Pemko Bukittinggi

Sebagai bos perusahaan AWR Group yang bergerak di bidang ekspedisi dan jasa angkutan, kekayaan Andri Warman didominasi alat transportasi dan mesin yang mencapai 34 unit armada dengan nilai total Rp 6,79 miliar.

Sedangkan, harta Ketua DPC PAN Agam yang berpasangan dengan Irwan Fikri itu berupa surat berharga tercatat senilai Rp 921 juta, lalu kas dan setara kas sebanyak Rp 1,04 miliar. Dalam LHKPN itu, Andri Warman tercatat memiliki utang sebanyak Rp 4,61 miliar.

Selanjutnya, Calon Bupati Agam Nomor Urut 1, Taslim berdasarkan informasi LHKPN yang dirilis KPK memiliki total kekayaan mencapai Rp 8,93 miliar. Kekayaan mantan anggota DPR RI itu didominasi dalam bentuk tanah dan bangunan yang tersebar di Kota Padang dan Bogor senilai total Rp 9,463 miliar.

Taslim melaporkan, hanya memiliki dua unit kendaraan berupa mobil Toyota Fortuner keluaran tahun 2013 senilai Rp 200 juta, dan mobil Toyota Land Cruiser keluaran tahun 1983 senilai Rp 75 juta.

Selebihnya, Taslim yang diusung Partai Gerindra berpasangan dengan Syafrizal hanya tercatat memiliki kas sebanyak Rp 35 juta, sementara ia tercatat memiliki hutang sebanyak Rp 800 juta.

Calon Bupati Agam Nomor Urut 3 yang diusung Partai PKS dan Nasdem, Trinda Farhan Satria tercatat hanya memiliki total kekayaan sebesar Rp 1,24 miliar. Dia memiliki tiga kapling tanah dan bangunan di Kota Padang senilai Rp 608 juta.

Satu unit sepeda motor keluaran tahun 2006 yang ditaksir Rp 1,8 juta dan satu unit mobil Toyota Innova keluaran tahun 2008 senilai Rp 95 juta. Serta harta bergerak lainnya senilai Rp 3,7 juta dan kas sebesar Rp 537 juta. (p)