Alhamdulillah, Satu Pasien Positif Covid-19 di Sumbar Dinyatakan Sembuh

Rumah Sakit Ahmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi salah satu rumah sakit rujukan dalam penanganan pasien Covid-19 di Sumbar. (Foto: ist)

Seorang pasien positif terinfeksi virus korona (Covid-19) yang sudah dirawat selama 15 hari di Rumah Sakit Ahmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi dinyatakan sembuh. Ini pasien positif Covid-19 yang pertama berhasil sembuh di Sumbar.

Direktur RSAM Khairul Said saat dikonfirmasi menjelaskan, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh tersebut seorang warga Batusangkar, Kabupaten Tanahdatar berinisial ITD, 40, berjenis kelamin perempuan.

Pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah dua kali dilakukan tes swab hidung dan tenggorokan oleh Laboratorium Biomedik, Diagnostik dan Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas.

“Sudah dua kali berturut-turut dilakukan pemeriksaan labor, hasilnya negatif. Tes swab pertama sekitar tiga hari yang lalu, dan yang kedua hari ini. Kedua tes itu hasilnya negatif dan gejalanya sudah hilang. Pasien sudah dinyatakan sembuh,” katanya saat dihubungi, Senin (6/4).

Menurutnya, pasien tersebut sudah diperbolehkan pulang oleh RSAM dan tidak diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. “Ini pasien positif Covid-19 pertama yang berhasil sembuh di Sumbar,” imbuhnya.

Khairul mengatakan, pasien ini sebelumnya dirawat di RSAM selama 15 hari, sejak Jumat (20/3) lalu. “Pasien ini pernah berkunjung ke daerah terjangkit, lalu ketika pulang ke Sumbar, dia mengalami gejala Covid-19 dan setelah dilakukan pemeriksaan labor ternyata hasilnya positif,” paparnya.

Hingga saat ini, jumlah pasien positif Covid-19 yang di RSAM Bukittinggi menjadi 4 orang, dari sebelumnya 5 orang. “Sementara pasien berstatus dalam pengawasan (PDP) sebanyak 9 orang,” tukas Khairul.(esg)