Truk Sampah Terjebak Macet, DLH Bukittinggi Temukan Sampah Medis di Jalan

109

Persis di depan Kantor Inspektorat Kota Bukittinggi, Jl Bypass Gulai Bancah, Kota Bukittinggi, tergeletak kantong kresek berisi sampah medis. Entah siapa yang membuang sampah secara serampangan tersebut.

“Petugas kita menemukan sampah medis berupa jarum suntik bekas pakai di bibir jalan raya  Bypass Kota Bukittinggi, Jumat (6/5) pagi. Belum diketahui pelaku yang membuang limbah medis itu. Pihak terkait sedang menyelidiki kasus tersebut, sebab pembuangan limbah medis sembarangn merupakan pelanggaran hukum serius,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bukittinggi, Aldiasnur.

Dikatakannya, kantong kresek itu menunjukkan alamat sebuah apotek di Payakumbuh. “Tapi tentu tidak bisa langsung disimpulkan pemilik apotek itu yang membuangnya ke Bukittinggi. Kami harap hal ini tidak terulang lagi, semoga instansi kesehatan bisa mengatasi limbah mereka dengan baik,” kata Aldiasnur.

Di sisi lain, membeludaknya kunjungan wisatawan ke Kota Bukittinggi memberi tantangan tersendiri bagi DLH dalam penanganan sampah yang meningkat drastis. Parahnya juga, jalur transportasi sampah menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kota Payakumbuh, tersendat akibat kemacetan lalu lintas.

Baca Juga:  Pagelaran Budaya Sadar Bencana Ditabuh di Jam Gadang

“Biasanya dalam sehari truk pengangkut sampah bisa beroperasi tiga trip, Bukittinggi- Payakumbuh. Saat lebaran ini hanya bisa terangkut sekali saja. Petugas kami terpaksa bekerja 24 jam, agar sampah tetap bisa diantar langsung pada hari yang sama,” jelasnya. (ryp)