Positif Covid-19, Satu Warga Bukittinggi Hamil 8 Bulan Meninggal

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias memberikan keterangan kepada wartawan terkait pasien positif Covid-19 yang meninggal, Rabu (8/4). (foto: ist)

Seorang ibu berusia 36 tahun yang tengah hamil delapan bulan meninggal dunia di RSUP M Djamil Padang, sekitar Pukul 04.30, Rabu (8/4). Ia baru dinyatakan positif terinfeksi virus korona (Covid-19) setelah hasil laboratorium keluar pada Rabu (8/4) sore.

Ibu muda itu merupakan warga Bukittinggi pertama yang meninggal akibat Covid-19.
Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menjelaskan, almarhumah pada Senin (6/4) malam mengalami kejang dan segera dilarikan warga ke RS. Ibnu Sina Bukittinggi.

“Karena kondisi semakin menurun, pasien itu Senin malam langsung dirujuk ke RSUP M. Djamil Padang. Setelah diisolasi dua malam, pasien itu meninggal dunia Rabu pagi,” jelas Ramlan didampingi Sekko Yuen Karnova, Kadis Kesehatan Yandra Fery dan Kabag Humas Yulman di Kantor Satpol PP Bukittinggi, Rabu sore (8/4).

Ramlan melanjutkan, setelah meninggal dunia Rabu pagi, jenazah almarhumah langsung dimakamkan. Lalu, wako dapat informasi hasil Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Unand pada Rabu sore menyebutkan bahwa pasien tersebut positif terjangkit Covid-19.

“Saya langsung mendapatkan telepon dari dokter yang mengatakan almarhumah positif Covid-19. Penanganan pemakaman almarhumah juga sesuai standar penanganan Covid 19. Beliau dimakamkan pada Rabu siang di luar Bukittinggi,” terangnya.

Wako menyebutkan, pihaknya akan menyisir lokasi tempat tinggal almarhumah dengan penyemprotan disinfektan yang akan dilakukan Rabu (8/4) malam ini.

“Untuk informasi lengkapnya masih sedang kita kumpulkan, termasuk riwayat kenapa sampai beliau terjangkit. Hanya itu informasi sementara untuk saat ini,” tukasnya.

Menyikapi itu, wako terus mengimbau kepada seluruh warga untuk meningkatkan kewaspadaan. “Tidak perlu ke luar rumah jika tidak terlalu penting. Rajin cuci tangan, pakai masker. Jaga pola hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.(stg)