Kontak dengan Pasien Positif, 65 Warga dan Nakes di Bukittinggi Lakukan Tes Swab

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias berdialog dengan warga yang akan melakukan tes swab Covid-19.

Dinas Kesehatan Bukittinggi melakukan test swab kepada sebanyak 65 warga dan tenga medis Kota Bukittinggi yang terindikasi pernah kontak dengan pasien positif covid-19, yang dilaksanakan di halaman Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi, Jumat (8/5/2020).

Kegiatan itu, disaksikan langsung Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, didampingi Wakil Wali Kota Irwandi.

Wako Ramlan menjelaskan, Pemko Bukittinggi menyediakan sarana test swab yang mendapatkan izin dari provinsi. Sehingga dengan adanya sarana ini, sejumlah ODP yang pernah kontak dengan pasien positif covid-19 dapat langsung diperiksa.

“Alhamdulillah kita sudah punya sarana swab yang kita fungsikan hari ini (kemarin, red). Ada sekitar 65 warga kota yang kita ambil swab-nya, untuk diperiksakan di labor FK Unand, di Padang. Hari ini kita kirim langsung, agar segera pula didapatkan hasilnya,” ujar Ramlan Nurmatias.

Ramlan mengatakan, mereka yang diambil swabnya itu di antarnya, tim medis di rumah sakit Madina, karena pernah kontak dengan pasien positif covid-19. Selanjutnya, ada beberapa warga Panorama Baru, Jirek dan Panganak serta sejumlah warga yang merupakan keluarga dari pasien positif covid-19 di Bukittinggi. “Semoga kita dapat hasilnya segera dan kita doakan semoga semua negatif,” harap Ramlan.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Ramlan juga mengucapkan selamat kepada Wakil Wali Kota yang sudah sembuh dan menyelesaikan karantinanya. “Alhamdulillah kita sampaikan juga selamat kepada Bapak Wakil Wali Kota Irwandi yang telah pulih dan dapat beraktifitas hari ini (kemarin, red),” ujar Wako.

Sementara Tika, salah seorang tim medis di Madina yang menjalani test swab di DKK berharap agar hasil test-nya negatif.
“Kami jalani swab hari ini (kemarin, red), karena pernah kontak dengan keluarga pasien yang terinfeksi covid-19. Kami harap hasil swab kami dan semua yang test hari ini negatif, agar keluarga dan warga sekitar kami, tidak khawatir dan tidak tertular covid-19,” harapnya. (jpg)