77.331 Pemilih Terdaftar di DPS

ilustrasi. (net)

Daftar Pemilih Sementara (DPS) telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi. Tercatat sebanyak 77.331 orang pemilih yang terbagi di 233 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Wisata.

Rekapitulasi dan penetapan DPS itu ditetapkan melalui rapat pleno KPU yang dihadiri perwakilan parpol, Kesbangpol, Disdukcapil, Bawaslu dan tim kampanye, di Hotel Rocky, Rabu (9/9).

Komisioner KPU Bukittinggi Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Zulwida Rahmayeni menjelaskan, jumlah DPS saat ini didapat setelah melewati serangkaian pemutakhiran data sejak beberapa bulan terakhir. Kemudian, KPU Bukittinggi melakukan rekapitulasi pemutakhiran data dan ditetapkan sebagai DPS pemilihan serentak tahun 2020.

“Dari hasil rekapitulasi, ditetapkan DPS pemilihan serentak tahun 2020, sebanyak 77.331 pemilih. Dengan rincian, pemilih laki-laki sebanyak 37.896 dan pemilih perempuan sebanyak 39.435,” sebutnya.

Mereka yang masuk DPS ini tersebar di tiga kecamatan. Sebanyak 33.868 pemilih ada di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), 25.962 pemilih terdapat di Kecamatan Guguak Panjang dan 17.501 ada di Kecamatan ABTB.

Baca Juga:  Pilgub Sumbar Masuk Kerawanan Tinggi

Sementara itu, Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura menyebut, pemutakhiran data pemilih untuk sementara telah selesai dilaksanakan. Namun tahapan ini belum berakhir, karena masih ada tahapan selanjutnya hingga nantinya ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) .

Dibeberkan, KPU Bukittinggi juga ditetapkan sebagai KPU terbaik pertama di Sumbar dan nomor 16 tingkat nasional dalam penerapan sistem Sidalih. “Terima kasih kepada petugas PPK dan PPS serta PPDP yang telah bekerja keras dalam melakukan pengawasan pada tahapan pemutakhiran data pemilih. Apresiasi juga kami berikan kepada Disdukcapil, Kesbangpol dan Bawaslu yang ikut mensukseskan tahapan ini. Ke depan masih banyak tahapan yang kita lakukan dan ini tentu butuh dukungan seluruh stakeholder serta seluruh masyarakat Bukittinggi,” ucapnya. (p)